Bagaimana Saya Meningkatkan Pageview Hingga 25 Kali Lipat di Pojok Menulis


Bombastis bingiiitzz judulnya. Tapi, tak apalah. Sekali-kali meniru gaya lebay para internet marketer atau blogger tutorial boleh kan?

Juga karena pada dasarnya memang hal itu terjadi dan bukan sekedar bluffing atau menipu. Karena memang saya berhasil meningkatkan jumlah pageview di blog tersebut hingga 25 kali lipat.

Pojok Menulis yang beralamat di http://pojokmenulis.lovelybogor.com adalah salah satu dari sekian banyak blog yang saya buat. URL-nya menunjukkan bahwa blog ini menempel pada blog utama milik saya yaitu LOVELY BOGOR.

Awalnya dibuat cuma buat sekedar iseng saja karena menulis tentang Bogor saja kadang juga membosankan. Isinya gado-gado, atau salad, atau lotek, alias campur-campur karena tidak pernah diniatkan untuk dipergunakan secara serius saja.

Saking tidak seriusnya, hingga akhir tahun kemarin, 2016, setelah berusia kurang lebih hampir 2 tahun, baru terisi 108 tulisan saja. Itupun ngawur. Pengunjungnya? Tidak tahu jumlah persisnya, tetapi pageviewsnya hanya 40-50 saja perhari. Itupun saya tidak tahu apakah robot atau memang pengunjung murni karena blog itu sudah tidak diupdate hampir selama 1 tahun full.

Baru awal tahun ini, Januari 2017, saya hidupkan kembali.

Isinya diputuskan adalah hal-hal kecil saja, seperti arti idiom arti peribahasa, atau hal-hal yang bersifat pegetahuan umum saja. Kebanyakan isinya adalah re-write atau penulisan ulang dari apa yang sudah banyak beredar di dunia maya.

Semua artikel, kalau dilihat para mastah atau pakar (atau yang mengaku pakar atau mastah), bakalan dicemooh. Bagaimana tidak, sementara mereka menyarankan menulis panjang di atas 1000 kata, saya malah mengisinya dengan artikel yang kadang berisi di bawah 100 kata saja walau rata-rata sekitar 200 kata.

Singkat sekali karena saya berpikir ngapain panjang-panjang. Toh yang membaca memang hanya mencari informasi sederhana saja.

Artikelnya diperlengkapi dengan satu gambar yang kebanyakan comotan dari Pixabay.com berlisensi bebas pakai. Gratis.

Nah, kemarin, yang berarti sekitar 8 bulan sudah berjalan, ternyata memang benar, blog iseng tersebut memperlihat kemajuan yang cukup pesat. Pageviewsnya mencapai 1251 alias 25 kali lipat dari saat dihidupkan kembali.



Itupun berdasarkan hitungan ala Aplikasi Adsense. Aplikasi ini hanya menghitung kunjungan ke halaman dan iklannya tampil. Kalau yang membaca memakai aplikasi adblocker, seperti UC Brwser, maka walau tayang halaman itu tidak dihitung.

Jadi, berdasarkan fakta ini kenyataannya memang benar saya berhasil meningkatkan pageviews hingga 25 kali lipat di Pojok Menulis, dihitung dari saat dihidupkan kembali.

Tidak bohong kan judulnya?

Bagaimana saya bisa melakukan itu? Terus terang saya tidak akan bisa berteori banyak dan mencoba mereka-reka ala para mastah dan pakar .. atau yang mengaku mastah dan pakar dalam hal ini.

Pojok Menulis tidak memakai SEO, plugin Yoast SEO dibiarkan nganggur di blog ini (dan semua blog milik saya). Jadi hiasan saja. Yang saya lakukan hanya MENULIS, MENULIS, dan MENULIS saja. Hingga hari ini ada lebih dari 700 artikel disana, yang berarti 7 kali lipat dari saat dihidupkan kembali.

Itu saja.

Juga blog itu tidak dipromosikan dengan menyebar link kesana kemari. Jadi, benar-benar pure (murni) dibiarkan begitu saja. Mikirnya, daripada capek promosi, mendingan nulis lagi, 15-20 menit bisa jadi satu artikel baru.

Tidak banyak teori yang saya pakai disana.

Perkembangan Pojok Menulis sendiri akan mendapat semakin banyak pengunjung memang sudah terasa sejak beberapa bulan yang lalu. Saya sempat menuliskan perkembanganya dalam Cara Menurunkan Bounce Rate Dengan Menulis Pendek-Pendek.

Disana terlihat bahwa efek jumlah artikel dan jumlah pengunjung adalah berkaitan erat Semakin banyak artikel maka akan ada semakin banyak pengunjung. Bahkan, ketika teknik SEO tidak dipergunakan.

Hal itu juga terbukti di blog saya yang satu lagi. Saya akan ceritakan di lain waktu dan lain artikel

Jadi, itulah cara saya meningkatkan pageview hinggal 25 kali lipat di Pojok Menulis, yaitu dengan cara menulis lebih banyak dan lebih sering.

Maaf, tidak ada trik-trik LUAAAR BIASAAA ala para mastah blogger atau internet marketer kalau itu yang Anda harapkan. Saya tidak pernah percaya bahwa hanya ada satu jalan, yaitu jalan mereka untuk mendatangkan pengunjung. Saya juga bukan orang yang terbiasa menggombal dengan memajang kata-kata AMPUH, PASTI BERHASIL, LUAR BIASA, MENAKJUBKAN.

Blogging adalah tentang menulis dan bukan tentang mencari tips dan trik AJAIB. Jadi, itulah yang saya lakukan, menulis, menulis, menulis dan terus menulis.

Pojok Menulis memperlihatkan bahwa hal itu benar adanya dan terbukti.

4 Responses to "Bagaimana Saya Meningkatkan Pageview Hingga 25 Kali Lipat di Pojok Menulis"

  1. Akhirnya setelah sekian lama ada artikel baru lagi di sini..
    saya tunggu karena saya 'Cinta' dengan blog ini #LEBAY#

    saya sekarang mulia ikut-ikutan pakai cara Bapak, yang penting menulis , menulis dan menulis....

    Setelah saya belajar di blog ini, blog-blog saya yang udah koma di ruang ICU jadi makin sehat aja.

    karena tiap hari saya update dengan tulisan ringan dan gak panjang-panjang amat.
    dan saya pun jadi ketagihan nulis, apapun yang terlintas di pikiran belum plong kalo belum jadi tulisan...

    sekarang saya jadi punya banyak draft di blog yang siap posting...

    Dulu saya sulit sekali buat nulis, karena takut kalo tulisan saya jelek. banyak belajar teori blogging malah bingung karena teorinya terlalu tinggi.

    beruntung saya terdampar di blog ini tanpa sengaja waktu saya seaching di google. tentang artikel panjang atau artikel pendek..

    lalu blog ini saya lahap sampai Khatam... bahkan saya bisa balik lagi buat baca ulang.

    BTW thanks untuk semua tulisan di Blog ini. mudah-mudahan langkah saya menjadi penulis buku bisa cepat terwujud. Aamiinn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaamiiinnn Mas Andi.. Semoga cita-citanya terwujud menjadi penulis.

      Yah, saya sama seperti mas, ingin mengatakan apa yang ada di kepala. Itu saja tok, karena itulah saya menyukai blogging, sebagai seorang blogger dan bukan sebagai seorang internet marketer yang hanya memikirkan target, uang, pengunjung. Cara ini sebenarnya ditujukan sebagai pengingat kepada saya juga untuk apa saya menulis dan supaya tidak bergeser menjadi hanya mencintai uang.. walau kalau ada yang ngasih, ya diterima.. hahaha

      Good Luck Masandi.. Maaf kalau nggak bisa nulis lebih sering mengingat banyak sekali tugas di daratan yang harus dikerjakan

      Delete
  2. saya sudah menduga bahwa blog PM....akan mengalami peningkatan trafik, apalagi penulisnya ada dua orang... mmmm....tambah makyus dech... :)

    namun apakah PV diatas hasil rata2 perhari Pak ?

    tapi kalau blog MM ini bagaimana PV-hariannya Pak ? seindah blog PM-kah ?

    ReplyDelete
  3. Iyah itu hasil rata-rata harian.. kecuali Sabtu dan Minggu atau hari libur dimana pengunjung akan drop 40%. Tidak mengherankan karena isinya yang bersifat pengetahuan untuk anak sekolah.

    Bahkan kemarin, PV-nya mencapai 1350.. yang berarti sudah melebihi apa yang ditulis di atas. Jadi kemungkinan besar masih akan naik seiring dengan bertambahnya tulisan disana.

    MM.. hahahaha.. bersaing di niche tentang blogging yang sudah rapat bin padat seperti itu dan mengharapkan ribuan PV dalam waktu pendek adalah kebodohan. Nope, MM dan PM berbeda jauh dalam hal PV. PM jauh di atasnya.

    Makanya, seperti saya pernah bilang MM tidak dibuat untuk mengejar target apapun. Blog ini lebih mengarah kepada sisi idealis yang punya dimana bisa menulis tentang apa yang ada di kepala tanpa peduli pembaca mau datang atau tidak.

    Begitchuu Kang Nata... Kemana aja.. bolak balik ke asikpedia, khasiatjitu, dan yang lain kok isinya belum diupdate...:D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel