Perbedaan Mencolok Antara Blogger Indonesia dan Blogger Luar Negeri


Ada satu perbedaan mencolok, dan sangat terasa, antara para blogger Indonesia dan blogger dari luar negeri, terutama yang berasal dari negara maju. Sesuatu yang seperti tidak terlihat tetapi sangat terasa.

Kesan ini timbul setelah membaca entah berapa ribu artikel yang ditulis para blogger dari negeri seberang dan entah berapa ratus atau ribu laman buah tangan para aktivis ngeblog dari negara sendiri.

Perbedaannya ada pada kata "menggurui".

Blogger luar negeri cenderung bersikap santai dan memposisikan dirinya pada level yang sama dengan pembacanya. Tulisan-tulisan mereka sangat informatif, tetapi yang membacanya tidak merasa dirinya sebagai orang yang sedang diberi ilmu.

Bahasa yang dipergunakan sangat interakfif dan luwes, apalagi mereka yang sudah menjadi blogger kawakan. Kalimat demi kalimat yang disusun begitu luwes dan seperti menggugah orang untuk terlibat.

Mereka bisa memberikan kesan dirinya seorang profesional di bidang yang digelutinya, bahkan tanpa mengatakan dirinya adalah seorang profesional.

Sebaliknya, para blogger Indonesia, cenderung sejak awal menempatkan dirinya sebagai seorang yang paling tahu dan paling mengerti. Tidak jarang mereka berusaha menampilkan dirinya sebagai seorang yang ahli dan paling pandai di bidang tersebut. Para blogger Indonesia cenderung menempatkan posisi mereka sebagai seorang guru saat sedang menulis.

Terasa sekali kesan pemaksaan bahwa pembaca harus memandang si penulis sebagai seorang profesional.

Akibatnya, banyak sekali tulisan yang terkesan kaku dan tidak luwes. Mirip seperti monolog, dimana guru berbicara dan pembaca sebagai murid hanya diam dan mendengarkan. Interaksi antara penulis dan pembaca menjadi terkesan dibatasi.

Tidak heran kalau sebagai efeknya kita melihat komentar-komentar yang ditulis oleh pembaca di blogger Indonesia cenderung lebih seperti basa basi dibandingkan ketertarikan.

Tulisannya bagus gan. Keren bro tulisannya. Sangat menginspirasi.

Komentar-komentar seperti itu umum sekali ditemukan di artikel-artikel pada blog milik blogger Indonesia.

Sebaliknya, jika melihat respon dari pembaca di berbagai blog luar negeri, justru terlihat sekali kesan bahwa sang pembaca merasa enjoy untuk terlibat dan berdiskusi. Tidak jarang komentar yang diberikan panjang-panjang. Sesuatu yang mengindikasikan bahwa yang membaca pun benar-benar tertarik pada apa yang ditulis.

Entah, apa alasan di balik perbedaan itu.

Mungkin karena sifat masyarakat di negara maju yang sudah lebih egaliter,sehingga sebuah hal yang serius dan sarat informasi bisa dikemas menjadi sesuatu yang enak dibaca dan menginspirasi.

Bisa jadi juga, pola masyarakat Indonesia yang masih kental terpengaruh feodalisme sebagai alasannya. Sebuah hal yang secara tidak disadari oleh orang Indonesia terwujud dalam pemikiran bahwa informasi, pengetahuan, dan ilmu hanya bisa ditransfer lewat ruang kelas, dimana ada guru dan ada muridnya.

Entahlah.

Hanya memang terasa sekali perbedaan antara blogger dalam dan luar negeri.

Atau bisa juga, saya salah menilai dan berasumsi terlalu cepat. Bisa jadi. Bagaimanapun saya adalah manusia yang bisa saja salah. Atau mungkin juga karena saya membaca terlalu sedikit. Seharusnya mungkin saya membaca puluhan ribu blog dari kedua sisi.

Bisa jadi.

Meski tetap saja, saya tidak bisa menghilangkan perasaan ada perbedaan mencolok.

0 Response to "Perbedaan Mencolok Antara Blogger Indonesia dan Blogger Luar Negeri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel