Perhatikan Karakter Diri Sendiri Saat Membuat Strategi Ngeblog


Memang, strategi ngeblog itu bisa dikata adalah sebuah keharusan bagi siapapun yang memiliki target tertentu bagi kegiatan ngeblognya. Kecuali Anda melakukannya hanya demi kesenangan dan kegembiraan, maka tidak perlulah berpikir untuk membuat strategi ngeblog.

Jadi, jika memang ada harapan dan tujuan yang ingin dicapai, suka tidak suka, mau tidak mau, mulailah membuat strategi ngeblog yang bisa menuntun ke arah pencapaian target tersebut. Tidak bisa tidak, begitu Anda menginginkan sesuatu, biasanya berupa materi, kegiatan blogging sudah beranjak ke wilayah bisnis dan bukan lagi sekedar penyaluran hobi atau kesukaan menulis saja.

Lalu, bagaimana cara membuat strategi ngeblog yang baik?

Jujur saja. Seharusnya pertanyaan itu diajukan kepada diri sendiri. Bukan kepada orang lain. Bukan kepada para blogger tutorial atau para internet marketer yang biasanya menyarankan ini dan itu sebagai langkah-langkah menuju ke arah kesuksesan.

Percayalah hal tersebut tidak akan membawa Anda kemanapun.

Bukan berarti bahwa apa yang mereka tulis tidak bermanfaat dan hanya sekedar omong kosong saja. Sama sekali bukan. Banyak tulisan tersebut yang bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai data dalam pembuatan strategi ngeblog Anda.

Hanya saja, apa yang biasa ditulis dalam artikel-artikel ala blogger tutorial tentang ngeblog itu, tidak akan bermanfaat dan justru bisa menimbulkan kegalauan jika ditelan mentah-mentah begitu saja. Berbagai teori strategi blogging yang disarankan jangan serta merta diadopsi sebagai strategi yang ingin dijalankan.

Jika itu dilakukan, hampir pasti Anda akan terbentur pada tembok dan kemudian menjadi galau sendiri (yang memberi saran tidak akan galau, karena yang terpenting bagi mereka adalah Anda sudah membaca tulisannya dan lebih jauh lagi sudah mengklik iklan disana). Anda adalah pasar mereka dan mereka tidak akan menaruh perhatian banyak apakah Anda akan berhasil atau tidak.

Jika berhasil, biasanya mereka akan Anda beri pandangan bahwa saran mereka terbukti berhasil, tetapi kalau gagal, mungkin mereka akan berdalih bahwa ketidakmampuan Anda mengimplementasikan apa yang tertulis di artikel adalah penyebabnya. Tidak akan ada yang mau berkata bahwa saran mereka lah yang tidak benar.


Yang harus Anda lakukan dalam membuat strategi ngeblog yang "baik dan benar" adalah hanya satu, berfokuslah pada diri sendiri. Buatlah berdasarkan karakter dan kepribadian Anda sebagai seorang blogger dan bukan berdasarkan apa yang dikatakan mereka.

Mengapa demikian?

Cobalah bayangkan sendiri. Setelah Anda membaca PanduanIM yang dikelola Mas Darmawan, tentunya Anda akan terinspirasi oleh gaya penulisannya. Memang sangat memotivasi dan bahkan terperinci sekali langkah-langkahnya.

Tetapi, cukuplah sampai disitu. Biarkan Anda termotivasi dan terinspirasi, jangan terlalu lebih jauh. Karena setelah itu, apa yang tertulis sebenarnya tidak "mewakili diri Anda".

Pengelola PanduanIM adalah seorang internet marketer, sedangkan Anda mungkin travel blogger, atau emak-emak yang ingin menulis tentang resep masakan. Kira-kira, samakah background pembuatan blognya? Samakah teknik penulisannya?

Jawabnya, tentu tidak. Mana bisa tulisan tentang bisnis dan internet marketing sama dengan tulisan tentang bagaimana mengolah ayam supaya menjadi masakan yang enak.

Lalu, tanyakan lagi pada diri sendiri. Setahu saya Mas Darmawan pengelola PanduanIM adalah seorang full-time blogger. Bagaimana dengan diri Anda sendiri? Apakah memang Anda bisa menyediakan waktu yang sama untuk menulis dan mengelola blog Anda? Jika Anda ternyata masih bekerja di sebuah kantor dan hanya memiliki waktu luang 2-3 jam saja, berarti disini sudah terlihat perbedaan antara Anda dan Mas Darmawan, sang boss PanduanIM.

Bisakah menerapkan strategi yang sama? TIDAK mungkin.

Jangan berhenti sampai disitu.

Tanya lagi kepada diri Anda, bisakah menulis dengan gaya dosen ala PanduanIM? Kemungkinan besar tidak lah. Gaya tersebut sudah dilatih selama periode yang lumayan panjang. Yang menulis sudah kenyang makan asam garam kehidupan dunia pemasaran via dunia maya. Pikirkanlah, apakah Anda memiliki segudang pengalaman yang sama? Apakah gaya Anda menulis pun sama, bisa menghentak dan mempermainkan perhatian pembaca seperti disana?

Yah, lagi-lagi, jawabannya sama. Kemungkinan besar tidak. Jika Anda membaca PanduanIM, biasanya Anda sedang belajar bagaimana cara ngeblog yang baik dan ingin membuat strategi ngeblog supaya tujuan Anda sukses.

Masih belajar dan bukan sudah master seperti admin blog yang Anda baca.

Masih belum cukup?

Pertanyakan pada diri sendiri juga, apakah Anda tahu cara promosi blog yang baik dan benar? Punyakah dana untuk mendukung penanaman branding terhadap sebuah blog? Apakah Anda punya jaringan atau network untuk mendukung promosi?

PanduanIM dikelola seorang yang sudah paham seluk beluk dunia blogging dan internet marketing. Bisa dipastikan ia paham dengan baik situasi dan kondisi yang dihadapinya dan sudah punya strategi ngeblog yang paten untuk mencapai tujuannya. Strateginya memang sudah memasukkan Anda sebagai bagian darinya, yaitu sebagai pembaca dan pasar bagi tulisannya.

Bagaimana dengan Anda? Lha, ya Anda sendiri masih meraba-raba bagaimana cara membuat strategi ngeblog yang benar, bagaimana bisa menerapkan apa yang dipikirkan orang yang sudah kawakan. Jangan bermimpi karena hal itu sulit dilakukan.

Bukan saya merendahkan Anda, tetapi kenyataannya, jika Anda membaca artikel ini, pasti sedang berharap akan menemukan sesuatu untuk membantu Anda membuat strategi ngeblog. Secara logika saja, hal itu menunjukkan, pengalaman, skill, dan pengetahuan Anda belum sama dengan bos PanduanIM.

Bukan begitu?

Justru karena itulah, saya hendak menyarankan sesuatu. Daripada membaca begitu banyak teori tentang strategi blogging yang BAIK DAN BENAR, yang sebetulnya justru memusingkan karena banyak sekali, saran saya cuma satu.

BERSIKAPLAH EGOIS. JADILAH ORANG NARSIS. PANDANGI DIRI ANDA SENDIRI. TEMUKAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANDA.

Kemudian buatlah strategi yang cocok untuk Anda.

Percayalah, ini bukan omong kosong atau bullshit. Juga saya tidak menjamin bahwa Anda akan sukses, kemungkinan gagal akan tetap ada. Tetapi, itulah inti dari bisnis yang bertujuan untuk menghasilkan uang. Dan, karena Anda mentargetkan uang atau materi, maka Anda harus berpikir dengan pemikiran seorang bisnisman.

Dalam hal membuat strategi, seorang pebisnis, tidak akan pernah menelan mentah-mentah teori atau strategi orang lain. Seberapapun berhasilnya strategi itu, tetap saja tidak akan pernah ditiru.

Pebisnis sukses akan mengandalkan pada kemampuan dirinya sendiri. Ia akan berusaha menemukan kekuatan dan kelemahan dirinya menggunakan analasia SWOT (Strength = Kekuatan, Weakness = Kelemahan, Obstacle = Tantangan, Threat = Ancaman).

Lalu, ia akan merumuskan berbagai data, termasuk informasi dari berbagai sumber, dan membentuk strateginya sendiri. Strategi yang berbeda dengan yang lain. Tidak ada strategi yang akan sama satu pebisnis dengan yang lainnya. Mereka akan memiliki strategi yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan karakter mereka.

Mereka membuat strategi sendiri, versi sendiri berdasarkan pribadi mereka dan bukan berdasarkan pribadi orang lain.

Itulah yang harus ditiru.

BUAT STRATEGI NGEBLOG ANDA SENDIRI. Kenali karakter, lingkungan, sifat, target Anda sendiri dan kemudian temukan strategi yang cocok untuk Anda.

Jangan pernah terpengaruh dengan berbagai teori cara membuat strategi ngeblog yang baik dan benar karena pada dasarnya hal-hal tersebut dibuat berdasarkan karakter orang lain, yang tentunya berbeda dengan Anda.

Itu saja saran saya.

2 Responses to "Perhatikan Karakter Diri Sendiri Saat Membuat Strategi Ngeblog"

  1. sebuah pemikiran yang cerdas yang disalurkan melalui tulisan....tidak banyak orang yang rela ngomel - ngomel seperti ini demi sebuah tujuan yang baik dan mendidik.Tulisan seperti inilah yang saya suka dan rindu dengan blog MM.

    walau terkesan tidak rela mengalah dalam sebuah debat....namun Pak Anton tetap meluangkan banyak waktu dan tenaga demi untuk mendorong banyak orang maju dalam kegiatan blogging.

    membaca artikel MM...bikin otak Jadi berisi

    Salutttttttttt.....bin Cap Jempol.....

    .................................................................

    ReplyDelete
  2. Met datang kembali Kang Nata.. Hanya mengungkapkan fakta. Terkadang membuka mata rang perlu dengan cara "bertarung" dan melakukan "bentrokan".

    Itu saja.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel