Blogging Menjadikan Saya Manusia Yang Lebih Baik


Waduh, jangan tertawa dulu yah. Ini bukan pandangan bersifat main-main dan seenak udelnya saja dikeluarkan. Pendapat bahwa blogging menjadikan saya manusia yang lebih baik lahir bukan tanpa dasar.

Ada banyak hal yang menunjukkan bahwa hal itu benar adanya.

Bukan hanya dari sisi mental, pengetahuan, tetapi juga dari sisi materi. Coba saja bayangkan hal seperti ini.

Saya Menjadi Fotografer Yang Lebih Baik

Ini dari segi pengetahuan dan skill. Sebelum saya mulai ngeblog, biasanya foto yang dihasilkan masuk kategori "Yah apa adanya".

Kalaupun mendapat Like fi media sosial, mungkin karena yang memberi Like itu teman atau saudara, atau mungkin juga mereka yang kasihan pada saya. Tetapi, sekarang, bukan sebuah hal mengherankan lagi jikalau ada orang tak dikenal ikutan memberi jempol pada foto yang dipasang pada akun media sosial saya.

Hal ini terjadi karena tuntutan mengelola sebuah blog bertema kota sendiri seperti membuat saya terdorong untuk menampilkan kota dimana saya tinggal ini dalam foto-foto yang lebih baik. Mau tidak mau hal itu memaksa saya untuk terus belajar bagaimana cara memotret dan menggunakan kamera dengan baik.

Saya Menjadi Penulis Yang Lebih Baik

Heuheuheu.. sedikit narsis boleh kan?

Tapi, kenyataannya, blog-blog yang saya kelola ternyata mendapat respons cukup baik. Bahkan tanpa dipromosikan juga tetap saja banyak orang yang datang.

Banyak yang memberi pujian atau sekedar ucapan terima kasih karena informasinya sangat membantu. Tidak jarang yang mengatakan tulisannya bagus.

Padahal ketika pertama kali mulai menulis di blog, jangankan dipuji, saya sendiri rasanya agak malu melihat hasil karya sendiri. Tetapi, tidak lagi, setelah melalui waktu lebih dari dua tahun dan terus menulis artikel, saya cukup percaya diri kalau saya sekarang, sebagai penulis, jauh lebih baik dan berkembang dibandingkan sebelumnya.

Saya Menjadi Orang Yang Lebih Kaya (Sedikit)

Tidak banyak. Bahkan sedikit malah. Tetapi, setidaknya, pemasukan alias aliran uang, tidak lagi datang hanya dari gaji bulanan dari kantor saja. Meski belum rutin, tetapi beberapa kali dalam setahun, saya bisa mendapatkan sedikit tambahan dari iklan Adsense yang terpasang di blog.

Tidak banyak, tetapi tetap saja, saya lebih kaya dibandingkan sebelum ngeblog.

Saya Menjadi Lebih Berpengetahuan

Capek memang. Namanya belajar memang capek. Kalau tidak mau capek, ya tidak bertambah pengetahuannya.

Mau tidak mau.

Untuk mengelola blog-blog, tuntutan untuk terus belajar tidak pernah berhenti. Padahal saya sudah bosan bersekolah, tetapi tanpa membuka-buka buku, terjun langsung ke lapangan, dan berbagai "belajar" yang lain, maka blog saya akan garing dan tidak berisi.

Hasilnya, memang capek dan pegal rasanya, tetapi kompensasinya adalah saya memiliki pengetahuan yang lebih banyak kalau dikomparasikan dengan sebelum ngeblog. Banyak pengetahuan yang didapat selama itu.

Saya Memiliki Lebih Banyak Kawan

Saya orang yang introvert. Malas bergaul dan lebih suka diam.

Sayangnya kalau adat itu dibawa, maka akan sulit mencari narasumber untuk blog Lovely Bogor yang dikelola dengan 1/4 memakai gaya berita itu. Jadi, seringnya mau tidak mau harus memakai teknik SKSD (Sok Kenal dan Sok dekat) kepada semua orang.

Ternyata, respon-nya mayoritas bagus sekali. Jarang sekali mendapat penolakan (walau pernah juga sih). Dari situ akhirnya saya mendapatkan teman baru dalam jumlah banyak.

Belum lagi kalau yang di dunia maya. Sejak blog LB mulai dikenal, ada saja yang ingin menjadi teman saya di FB. Yang tentunya saya terima dengan senang hati.

Teman adalah sesuatu yang berharga dan semakin banyak semakin baik.

Saya Menjadi Orang Yang Lebih Sabar

Mengingat perjalanan ngeblog adalah seperti perjalanan tak berujung. Tidak tahu apakah akan sukses atau tidak. Tidak tahu kapan akan berakhir.

Satu-satunya hal yang dilakukan adalah dengan kesabaran dan kekonsistenan.

Setelah 2 tahun lebih ngeblog, rasanya kesabaran menghadapi berbagai masalah dan menemukan pemecahannya sudah menjadikan saya lebih sabar dan lebih tenang dalam memecahkan berbagai masalah.



Nah, bukankah hal-hal tersebut menunjukkan kalau saya yang sekarang adalah orang yang lebih baik dibandingkan sebelumnya?

Saya rasa demikian.

Walau dalam hal-hal yang tidak akan mengundang decak kagum, kenyataannya memang blogging mendorong saya menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.

0 Response to "Blogging Menjadikan Saya Manusia Yang Lebih Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel