Berapa Jumlah Pengunjung Yang Diperlukan Untuk Menghasilkan US$ 1000 per Bulan Dari Adsense

Berapa Jumlah Pengunjung Yang Diperlukan Untuk Menghasilkan US$ 1000 per Bulan Dari Adsense


Hitungannya sederhana sebenarnya dan semua bloger or blogger bisa menghitungnya sendiri. Tidak sulit sama sekali untuk menghitung berapa jumlah pengunjung yang diperlukan untuk menghasilkan US$ 1000 per bulan dari Adsense.

Tentunya melihat angka US$ 1000/bulan akan bikin ngiler bukan, tapi stop sampai disitu. Cukup ngiler saja dan jangan sampai ngompol atau mimpi basah. Lebih baik coba lakukan kalkulasi sederhana untuk mengetahui seberapa sulit (atau gampang) untuk mendapatkan penghasilan sedemikian besar dari periklanan yang dikelola Google tersebut.

Nah, kita mulai saja dari membuat asumsi sederhana dari CPC atau Cost Per Click dari iklan Adsense di Indonesia dan untuk blog berbahasa Indonesia. Sepanjang pengalaman saya, rata-rata berada di kisaran US$ 0.04 per klik. Kadang memang dapat rejeki besar sampai di atas 10 dollar, tetapi banyaknya seperti jarum di dalam jerami. Tidak tentu dan sangat jarang.

Jadi patok nilai CPC atau dalam bahasa Indonesia BPK (Biaya Per Klik) pada angka rata-rata US$ 0.04 untuk setiap klik.

Lalu lanjutkan sendiri dengan berapa klik yang diperlukan perbulan untuk mendapatkan US$ 1000. Cukup dengan perhitungan sederhana, yaitu pembagian :

US$ 1000 : US$ 0.04 = 25.000 (klik)
Yap, betul sekali. Butuh 25 ribu klik setiap bulannya untuk mendapatkan nilai nominal US$ 1000/per bulan.

Jadi perlu berapa pengunjung?

Buat asumsi sederhana, yaitu pakai angka rata-rata pengunjung yang datang dan pengunjung yang mengklik iklan atau dikenal dengan CTR (Click Through Ratio) dalam bahasa Inggris. Angka rata-ratanya (bukan patokan untuk semua blog) adalah 1% saja. Yap, SATU persen dan jarang yang bisa mencapai 2.5-3% bahkan seringnya di bawah 1%.

Nah, ambil kalkulator saja kalau mumet, lalu hitung berapa pengunjung yang harus datang untuk menghasilkan 25 ribu klik tadi.

25.000 (klik) X 100 = 2.500.000 orang
Itu adalah angka dari jumlah pengunjung yang diperlukan untuk menghasilkan uang sebesar US$ 1000 per bulan dari Adsense (Indonesia).

Akan banyak variasi tergantung niche dan juga bahasa yang dipergunakan. Kalau bahasa Inggris mungkin bisa lebih kecil karena BPK-nya lebih besar. Tetapi, kalau blog berbahasa Indonesia, bersiaplah menyingsingkan lengan baju untuk bekerja sangat keras.

Angka yang sangat besar, tetapi bukan sesuatu yang tidak mungkin diraih.

Kerja keras, kerja cerdas. Jika Anda punya keduanya, angka tersebut akan bisa dicapai.

Percayalah.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments