Menghasilkan Uang Dari Blog , Bukan Dengan Adsense Saja!


Mencibir? Boleh saja. Tidak masalah. Tetapi, pengalaman selama dua tahun ngeblog memang membuktikan hal tersebut. Menghasilkan uang dari blog memiliki banyak cara dan bukan hanya dengan menjadi Adsense Publisher saja.

Bukan hendak menyurutkan semangat para blogger untuk menjadi Adsense Publisher. Memang cara ini adalah cara yang paling umum dan "bergengsi" di kalangan blogger Indonesia, tetapi bukanlah satu-satunya cara.\

Ada banyak cara lain. Jika Anda mau sedikit berkelana sedikit di dunia maya saja, maka akan ditemukan banyak sekali tulisan yang menjelaskan tentang berbagai cara menghasilkan uang lewat ngeblog.

Banyak sekali.

Pengalaman selama dua tahun lebih menjadi blogger menunjukkan hal tersebut. Sudah beberapa kali kesempatan untuk menghasilkan uang dari blog utama saya, Lovely Bogor hadir dan membuka peluang untuk menerima lembaran uang lumayan.

Dua buah jenis cara yang sudah pasti akan menambah nilai rekening saya kebetulan datang pada bulan lalu. Keduanya adalah

1. Content (Link) placement

Sebuah penawaran via email untuk membuatkan artikel tentang wisata yang di dalamnya ada link menuju ke website lain masuk bulan yang lalu.

Dalam email tersebut, seorang pengelola website menanyakan harga untuk sebuah artikel yang berisi link ke website yang dikelolanya.

2. Iklan Mandiri

Sebuah pertanyaan tentang tarif yang dipasang untuk sebuah iklan mandiri di blog Lovely Bogor pun masuk tidak lama berselang. Kali ini via Whatsapp.

Jika melihat harga pasaran dan kebetulan pernah mencoba menerima yang nomor 1, harganya lumayan juga. Untuk sebuah artikel bisa membuat limit PO Adsense perbulan terlewati dengan cepat. Apalagi biasanya mereka menempatkan lebih dari satu artikel.

Lumayan.

Ini dua kesempatan meraup uang dari blog yang sudah saya alami sendiri. Bukan hanya sekedar teori, walau memang membuktikan apa yang ditulis oleh banyak blogger tidak salah.

Jelas, ada banyak cara menghasilkan uang dari blog dan bukan hanya sekedar memasang iklan dari Adsense saja.

Jika mau, para blogger seharusnya bisa memanfaatkan peluang ini. Nilai uang yang diraupnya pun tidak kalah besar, bahkan bisa lebih besar dibandingkan dengan penghasilan dari klik iklan Adsense sendiri.

Hanya memang, ada bedanya. Peluang ini datang tidak secara instan. Kebanyakan peluang seperti ini hadir setelah blog yang dikelola memiliki nama dan pengunjung yang lumayan.

Bukan berusia satu dua bulan saja. Lovely Bogor menerima tawaran-tawaran seperti ini setelah melewati satu tahun. Semakin berkembang blog yang dikelola, tawaran pun semakin banyak masuk.

Peluang yang datang beragam , selain dua yang disebutkan di atas, mulai dari kerjasama pemasangan lowongan kerja hingga mendirikan dan mengelola sebuah blog milik perusahaan konsultan. Pemilik perusahaan itu terkesan dengan kemampuan Lovely Bogor yang berusia lebih muda dibandingkan website milik mereka dalam mendatangkan pengunjung. Ia menawarkan pengelolaan full website-website baru perusahaannya kepada saya. Yang perlu saya lakukan hanyalah menyebutkan angka tarif yang saya minta.

Semua hal ini menunjukkan bahwa ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, dan bukan dengan Adsense saja. Sudah pasti itu.

Saya menuliskan hal ini karena ingin membuka mata rekan sesama blogger, yang kebetulan membaca tulisan ini, tentang adanya cara lain. Jangan terpaku pada hal-hal yang populer saja.

Adsense memang mempermudah, tetapi uang adalah uang. Jika memang uang Anda, jangan hanya bergantung pada satu sumber saja. Apalagi Adsense Indonesia terkenal dengan BPK (Biaya per Klik) nya yang sangat kecil. Masih banyak peluang lain yang bisa digali.


Bahkan ada peluang yang datang dengan sendirinya, seperti yang saya alami sendiri itu. Syaratnya hanya satu, kembangkanlah blog yang dikelola sebaik mungkin dan jadikanlah sebesar mungkin.

Sebuah blog yang dikelola dengan baik akan membuka banyak peluang untuk bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Sebuah blog yang banyak dikunjungi orang akan memikat banyak orang seperti bunga memikat lebah.

Tidak perlu mencari tips dan trik.

Kuncinya sederhana saja. Persis seperti apa yang dikatakan Bapak Blogger Indonesia, Enda Nasution yang intinya "Paksakan menulis dan uang akan datang mengikuti".

Dan, itu memang terbukti dalam hal ini. Peluang itu ada dan tersedia bagi blog-blog yang berkembang dengan baik.

Tetapi, Anda lihat iklan-iklan mandiri atau link-link ke webiste komersial di blog Lovely Bogor? Tidak. Karena saya menolak semua tawaran itu, termasuk untuk mengelola website perusahaan konsultan tersebut.

Bukan karena saya setia pada Adsense (yang kebetulan saya punya accountnya), tetapi karena saya merasa, blog Lovely Bogor dan kawan-kawan masih butuh waktu. Blog tersebut masih bisa berkembang lebih jauh lagi dan untuk sementara saya masih belum memikirkan untuk lebih mengkomersialkan blog-blog tersebut saat ini.

Setidaknya, untuk saat ini sebuah tablet merk Samsung, sebuah notebook merk HP, dan sebuah kamera baru merk Canon sudah bisa didapat dari "jajan" yang diberikan Adsense. Hal ini belum termasuk sewa hosting dan domain yang sudah dibayarkan tanpa mengganggu uang gaji.

Bukan berniat sombong, tetapi saya ingin menceritakan bahwa peluang itu selalu ada. Yang perlu dilakukan hanyalah konsisten dan terus terfokus pada pengembangan blog dibandingkan mencari tips dan trik mendapatkan akun Adsense.

Juga untuk mengatakan pada para blogger yang merasa putus asa karena ditolak terus oleh Adsense untuk tidak berkecil hati. Uang adalah uang, mau dari Adsense atau sumber lain rasanya sama saja. Tidak berbeda. Jadi, daripada terfokus pada mengejar persetujuan Adsense lebih baik memfokuskan diri pada pengembangan blog.

Percayalah, suatu waktu peluang itu akan datang kepada Anda.

4 Responses to "Menghasilkan Uang Dari Blog , Bukan Dengan Adsense Saja!"

  1. mmm,,benar dugaan saya, bahwa blog Lovelly Bogor merupakan sebuah contoh blog IDEAL dan memiliki sebuah prospek bagus dimasa akan datang.Buktinya sudah banyak orang yang melirik blog tsb.

    Dan saya merasa bersyukur,,,sudah mengenal Blog Lovelly Bogor, sehingga mungkin ini adalah sebuah PETUNJUK bahwa membuat blog tentang kota memiliki sinar yang terang dimasa akan datang.

    sepertinya saya harus segera meluncurkan blog tentang kota saya sendiri Pak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada alasan untuk menunda Kang Nata.. Selama sabar dan konsisten, suatu waktu peluang itu akan mendatangi kita.

      Ditunggu blog tentang kotanya

      Delete
  2. benar pak ...
    teruskan menulis..

    dan dari yang saya perhatikan, setelah lalu lalang di blog yang membahas tentang adsense, seo, atau apalah..

    isinya juga semua hampir sama,

    sepertinya mereka juga tak akan keluarkan jurus tersembunyinya secara keseluruhan, karena itu saja saja dengan memberitahu bahwa pedang mereka tidak tajam..(wah, bahasanya)

    kembangkan blog adalah fokus utama untuk sebuah blog,

    ayo, kapan nik kang nata kita main ke blog kotanya..

    dan pak anton, apalagi blognya selain lovely dan maniac? gak sempat bookmark kemaren..

    ReplyDelete
  3. Hahaha.. pake nama samaran ya Bang..

    Yah itu yang saya yakini...saya juga lagi nunggu blog kota Kang Nata nih...

    Hemm... hehehe.. silakan cari sendiri ahh..:D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel