Ini Lo Yang Bisa Membuat Semangat Ngeblog Tetap Terjaga

Ini Lo Yang Bisa Membuat Semangat Ngeblog Tetap Terjaga

Manusia ya tetap manusia. Suatu waktu, meskipun sudah melakukan berbagai cara, kebosanan dan kejenuhan akan hinggap di hati. Tips dan trik apapun terkadang sama sekali tidak mempan, tetap saja ketika rasa bosan sudah menggunung, bahkan untuk sekedar membuka komputer saja rasanya lebih berat daripada disuruh ngangkut beras sekarung.

Untungnya, terkadang Tuhan memiliki jalan sendiri untuk mengingatkan kepada kita untuk tetap konsisten pada jalan yang ditempuh. Datangnya sering tidak terduga darimana. Meskipun hanya sebuah hal kecil dan datang dari orang yang tidak dikenal, hal itu bisa membuat semangat ngeblog tetap terjaga.

Contohnya, seperti yang didapat pada blog utama saya Lovely Bogor, seperti di bawah ini.


Kalimat-kalimat singkat dari seorang tak dikenal (wlaau emncantumkan namanya). Tidak juga tahu darimana asalnya dan bagaimana caranya dia bisa menemukan blog kecil saya itu.

Tetapi, ia mengatakan bahwa ia merasakan "manfaat" dari apa yang ditulis pada blog itu.

Tahu rasanya menerima komentar yang seperti ini? Gembira? Pasti! Senang? Jelas.

Hanya, sebenarnya lebih dari itu.

Saya hanyalah orang biasa di dunia ini, seorang karyawan biasa yang hidup dari gaji. Seorang pengguna kereta komuter untuk bekerja dan tidak menggunakan Mercedes Benz pinjaman, seperti bapak SBY (siapa yang mau minjemin lagipula). Tidak terkenal seperti para bintang film.

Hanya saja, ternyata ada orang yang menganggap saya sebagai orang yang "berguna", "baik", dan "suka menolong". Sebuah rasa yang lebih dari sekedar menerima gaji Adsense, lebih dari sekedar menerima komentar "tulisannya bagus" dari teman sesama blogger (apalagi yang cuma "pertamax").

Sebuah rasa yang buat saya sulit dilukiskan. Sesuatu yang ujungnya membangkitkan semangat lagi untuk terus menulis dan menulis. Semangat untuk bisa menjadi bermanfaat bagi orang lain.

Gaji Adsense, tentunya bentuk penyemangat yang satu lagi, Hanya secara personal, hal-hal seperti inilah yang jelas akan membuat semangat ngeblog tetap terus terjaga.

Mungkin, karena itulah saya kecanduan menulis.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments