Ngeblog itu Sederhana, Apa dan Siapa Yang Membuatnya Menjadi Rumit ?


Ngeblog itu sederhana. Sungguh. Pengalaman selama dua tahun lebih bergelut di dunia ini menunjukkan bahwa sebenarnya aktifitas di dunia maya ini amatlah sederhana dan jauh sekali dari kata rumit dan susah.

Cukup dengan dua cara saja :

1. Membuat blog

Perlu waktu hanya 10 menit saja untuk membuat sebuah blog. Blogspot atau blogger dan Wordpress sangat memudahkan penggunanya dan memungkinkan lahirnya sebuah blog dalam waktu sangat sedikit saja.

Mudah. Sederhana. Sama sekali tidak ruwet.

2. Menulis tanpa batasan

Langkah kedua setelah membuat blog adalah mengisinya. Caranya juga tidak kalah mudah, yang perlu dilakukan hanyalah dengan menulis.

Apa saja!

Tidak ada batasan apa yang diperbolehkan untuk ditulis, kecuali yang sudah diatur dalam hukum seperti SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), apapun boleh dituliskan di dalam blog.

Mau sekedar curhat. Mau berisi ide-ide. Mau berisi pemikiran dan pandangan. Semua boleh saja dimasukkan ke dalam blog.

Gaya yang dipakai juga memakai gaya "TERSERAH" alias apa saja. Tidak ada ketentuan harus seperti ilmuwan, politikus, cendekiawan, guru, gaya orang mabuk sekalipun kalau memang mau juga tidak akan dipermasalahkan.

Semudah itu? Ya, memang semudah itu.

Lalu, mengapa banyak sekali blogger yang menuliskan berbagai artikel tentang cara ngeblog yang baik dan benar? Mengapa tak terhitung mereka yang menulis tentang kesalahan-kesalahan dalam ngeblog?

Memang mengherankan bukan? Kalau sebegitu mudahnya mengapa para blogger terus membuat panduan tentang cara ngeblog yang "baik dan benar"?

Penyebab Ngeblog tidak lagi menjadi sederhana 

Pernahkah kalau kita menggunakan mesin pencari Google dan mencoba mencari tentang bagaimana cara ngeblog. maka yan gmuncul kebanyakan adalah artikel-artikel seperti di bawah ini


Yap. Yang biasanya tampil di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) akan didominasi dengan artikel-artikel yang intinya 
  • Cara ngeblog hingga menghasilkan uang
  • Cara ngeblog agar cepat mendapat pengunjung banyak dan terkenal
Bahkan beberapa artikel, meskipun berjudul tips cara ngeblog, tetapi isinya sangat luas hingga mencakup juga cara memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang dan menjadi terkenal.

Itulah intinya. Uang dan ketenaran.

Dua hal yang selalu diimpikan oleh banyak orang, bukan hanya blogger, tetapi semuanya (atau hampir semua). Itulah yang membuat ngeblog menjadi tidak lagi sederhana.

Ngeblog tidak lagi sekedar berbagi informasi kecil yang diketahui seseorang kepada orang-orang yang mereka kenal, seperti saat blog diciptakan di akhir tahun 1990-an.

Memang tidak bisa disalahkan, di era tahun 2000-an, banyak berita mencuat tentang blogger-blogger yang bisa meraup ketenaran dan uang dari kegiatan ngeblog. Sejak saat itu berlomba-lomba jutaan orang kemudian terjun ke dalam dunia blogging dengan motif yang tidak lagi sekedar ngeblog atau berbagi informasi.

Ngeblog menjadi sebuah cara untuk mendapatkan kekayaan dan ketenaran yang mereka idamkan.

Bak atom-atom uranium, berita ini memicu banyak hal. Jutaan orang yang memasuki dunia blog menimbulkan persaingan yang sangat ketat di dalamnya. Tak terhitung blog dan blogger yang berusaha memunculkan diri di blogosphere yang sangat padat dan penuh sesak dengan mereka-mereka yang bertujuan sama.

Tidak berbeda situasinya dengan jalanan di kala mudik lebaran.

Berbagai tehnik diciptakan, berbagai trik dilahirkan untuk membuat sebuah blog muncul dan terlihat oleh pembaca. Semua terus memacu diri agar menjadi yang terbaik dan terkenal.

Itulah yang membuat "ngeblog" tidak lagi sederhana. AMBISI.

Ngeblog bisa tetap sederhana

Meskipun demikian, inti dasar ngeblog sebenarnya tidak berubah dan tetap sederhana. 
Kalau ditilik lagi berbagai tulisan yang hadir di hadapan kita cenderung mencampurkan antara dua hal, ngeblog + mencari uang/ketenaran.

Itulah kenyataannya. Dua hal yang berbeda dicampurkan menjadi satu.
Bagian yang rumitnya juga sebenarnya sudah terlihat, yaitu cara menghasilkan uang dan ketenaran. Tidak pernah mudah untuk mendapatkan uang dan selalu membutuhkan kerja keras. Begitu juga dengan ketenaran. Tidak ada kedua hal itu tanpa usaha keras.

Yang satu sederhana, yang satunya rumit dan ruwet. Kalau dicampurkan, hasilnya adalah ruwet dan memusingkan.

Padahal kalau kita mau, ngeblog bisa dikembalikan ke titik asal dan kembali ke bentuk awalnya yang sederhana, berbagi hal kecil, informasi, ide, dan pemikiran. Syaratnya hanyalah dengan membuang keinginan untuk menjadi kaya dan terkenal dari ngeblog?

Maukah kita?

Jika memang mau, maka kita akan terhindar dari tekanan untuk memasukkan artikel tampil di halaman pertama SERP. Tidak perlu harus melakukan promosi, tidak perlu melakukan blogwalking, tidak perlu mengadakan Give Away untuk menarik pembaca, tidak perlu khawatir mau di-approve Adsense atau tidak, dan banyak tidak perlu lainnya yang bisa dilakukan

Apakah dengan menghilangkan ambisi dan keinginan menjadi kaya atau terkenal lewat blog berarti menghapuskan peluang menjadi kaya dan terkenal secara otomatis.

Tidak lah.

Fakta sejarah yang ada mengatakan bahwa banyak orang pada awal ngeblognya tidak berniat menjadi terkenal atau kaya. Mereka hanya melakukan apa yang mereka sukai, berbagi hal-hal yang mereka nikmati, sharing tentang sesuatu yang mereka ketahui.

Tidak berpikir bahwa tulisan atau artikel yang mereka buat akan bermanfaat. Tidak pernah masalah kalau orang memandang mereka tidak profesional.

Mereka hanya menulis, dan menulis. Karena mereka menyukai kegiatan tersebut. Uang dan kekayaan yang mereka raih dari blog, bukanlah karena niat.

Nah, sekarang pertanyaannya, maukah dan bisakah kita kembali ngeblog dengan cara dan niat sederhana?

Entahlah. Anda sendiri yang bisa menjawabnya. Saya sudah memilih jalan yang akan saya lalui, yaitu kembali ngeblog secara sederhana.

Saya sendiri pada awal ngeblog, tidak bertujuan mencari uang atau menjadi tenar. Tetapi, setelah terlalu banyak membaca artikel-artikel tentang ngeblog yang saya temukan di internet, orientasi dan niatnya berubah.

Ada keinginan untuk bisa meraup uang dari kegiatan ini. Hasilnya, saya berpikir rumit dan ruwet. Berbagai tips dan trik yang dianjurkan oleh mereka-mereka yang "sukses" sudah dicoba dan dilaksanakan.

Hasilnya, perasaaan tidak nyaman timbul dan tekanan hadir. Apalagi kalau hasil yang ada di depan mata tidak sesuai dengan target yang sudah ditetapkan atau diimpikan, bete yang ada.

Cukup lama juga.

Sampai akhirnya, saya memutuskan untuk kembali ke cara awal, ngeblog dengan sederhana. Tidak lagi saya mau ruwet untuk bermimpi tentang kekayaan atau ketenaran. Saya memutuskan untuk menikmati ngeblog saja.

Toh dengan ini, saya sudah merasa senang dan cukup bahagia. Tidak ada lagi tekanan dan kerumitan yang acap muncul kalau melihat data statistik blog yang saya kelola.

Dulu, saya akan langsung ruwet bin panik melihat jumlah pengunjung blog yang turun, semua harus naik.

Kali ini, saya bisa melihat statistik pengunjung yang menunjukkan hanya beberapa gelintir orang saja  yang membaca Maniak Menulis  sambil tetap bisa berkata "Alhamdulillah, ada juga yang baca". Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Ya, kawan blogger. Saya memutuskan ngeblog dengan sederhana, karena memang sangat sederhana. Ide sederhana, cara menulis yang sederhana, dan target yang sederhana.

Bagaimana dengan Anda? Mau?

5 Responses to "Ngeblog itu Sederhana, Apa dan Siapa Yang Membuatnya Menjadi Rumit ?"

  1. Memang benar PAk Anton ,,ngeblog itu sederhana,,tapi Gambar Pendukung Artikelnya Tidak Sederhana...hehehe.

    Kalau saya menulis tidak mau ambil pusing mengenai Topik tulisan, mau lagi ngtrend atau sudah JADUL, kalau sudah terbersit di Pikiran yach saya coba tulis saja, yang penting memberikan Informasi yang bermanfaat,,,,sehingga orang lain menjadi tambah pinter dan berpengetahuan,,,sederhana bukan ?

    ReplyDelete
  2. Upsss... memang sesederhana itu..soal foto, iseng dikit lah kasih sesuatu yang enak dilihat

    ReplyDelete
  3. hehehe,,,,terkadang sulit fokus membaca artikel dengan gambar yang ENAK dilihat,,, :) seperti blog jur**AN Ci**r ...yang sering kita kunjungi, terkadang memuat gambar YANG ENAK Dilihat,,seperti gambar artikel pak Anton

    ReplyDelete
  4. Saya sendiri pada awal ngeblog, tidak bertujuan mencari uang atau menjadi tenar. Tetapi, setelah terlalu banyak membaca artikel-artikel tentang ngeblog yang saya temukan di internet, orientasi dan niatnya berubah.

    ---

    saya berada di masa-masa ini bang. makasih atas pencerahannya. sy kembali nge blog lagi. terlalu banyak target sederhana yang saya bikin namun belum terelalisasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali ngeblog dan menikmatinya pada akhirnya bisa mendatangkan uang juga...

      Yang penting jangan terlalu membebani diri dengan berbagai macam target yang tidak jelas

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel