Tips #4 : Membuat Artikel Sederhana Dengan Satu Foto

Kehabisan ide? Tidak seharusnya. Dengan begitu luasnya dunia ini dan beragamnya kehidupan di dalamnya, tidak seharusnya seorang blogger bisa kehabisan ide.

Masalah utamanya adalah karena terkadang blogger terlalu berpikir berat dan rumit. Seringkali kita berusaha terlalu keras untuk membuat orang senang, terpukau, sehingga kita memaksakan diri untuk mencoba menulis sesuatu yang "bermanfaat" atau "berkualitas".

Padahal sebenarnya tidak selalu demikian. Seorang blogger bisa melakukannya dengan cara sederhana dan mudah.

Kita bisa membuat sebuah artikel sederhana dengan satu foto saja dengan tetap menjadi informatif dan bisa menarik pengunjung.

Silakan lihat di bawah ini.


"Foto di atas adalah pemandangan pantai Nusa Dua Bali di saat matahari terbit. Pemandangannya indah dan memukau dengan semburat warna keemasan matahari menjelang terbit di ufuk Timur.

Banyak wisatawan tidak segan meninggalkan hangatnya tempat tidur mereka hanya sekedar untuk menikmati keindahan pantai tersebut saat sang surya terbit."

Selesai.

Jadi sebuah artikel singkat tetapi informatif. Artikel dengan hanya 47 kata tersebut mmberikan informasi tentang Pantai Nusa Dua Bali dan keindahannya.

Apakah ada yang akan membacanya?

Tentu saja. Pengalaman selama ini menunjukkan bahwa penjelajah internet bukan hanya mereka yang mencari informasi. Banyak dari mereka entah sekedar iseng atau senang melihat foto-foto.

Jadi tidak selamanya sebuah artikel harus berisi tutorial, penjelasan atau informasi yang dijelaskan dengan panjang lebar hingga 2000-10000 kata. Banyak pengunjung yang juga menyukai artikel-artikel singkat, sederhana tapi menarik.

Trik seperti ini banyak dilakukan oleh media berita.

Keuntungan membuat artikel sederhana dengan satu foto adalah

1. Jumlah bisa banyak

Tidak terlalu sulit menulis sebuah artikel pendek dengan satu foto saja. Tidak perlu terlalu memaksakan diri menjadikannya 300 kata kalau memang tidak tersedia.

Isi saja dengan deskripsi dan lokasi yang menjelaskan foto tersebut. Dengan begitu saja, pengunjung sudah mendapatkan informasi tentang dimana dan seperti apa sebuah tempat itu.

2. Blog bisa terus update

Dengan semakin banyak foto yang dimiliki, maka cadangan ide buat artikel tidak akan pernah ada habisnya. Semakin banyak foto yang tersedia, maka semakin bagus.

Dengan begitu, seorang blogger bisa menerbitkan 1, 2 bahkan 5 artikel dalam sehari. Tidak bakalan khawatir bahwa sebuah blog tidak terupdate lama.

3. Pembaca tidak bosan

Kata siapa pembaca selalu ingin membaca tulisan yang panjang atau digurui. Masih terlalu banyak orang yang menyukai artikel pendek dan singkat.

Ingat lo! Penjelajah dunia maya itu beragam sekali jenisnya dan bukan sekedar pencari informasi saja.

Lagi pula dengan begini, setelah pembaca membaca tulisan sepanjang 2000 kata, mereka juga bisa sedikit relaks dan mengistirahatkan mata mereka dengan membaca tulisan ringan.

4. Menarik pembaca lewat foto

Kalau seorang blogger juga menguasa tehnik fotografi dengan baik akan lebih bagus. Artikel pendek seperti ini bisa dipergunakan untuk menarik pembaca dengan memanfaatkan foto.


Ingat saja bahwa di dunia maya foto bisa menjadi salah satu pintu masuk ke dalam blog yang kita kelola.

Jadi, tidak seharusnya ada alasan seorang blogger kehabisan ide dan berhenti meng-update blognya.

Jangan berpikir terlalu berat dan mengikuti teori blogger-blogger yang lain. Lakukan sesuai dengan gairah dan semangat kita sebagai blogger. Berbagi itu tidak perlu sesuatu yang berat-berat dan panjang, seringkali sebuah artikel sederhana bisa menjadi kunci.

Tulisan ini adalah salah satu contoh dari memanfaatkan satu foto sebagai dasar ide sebuah tulisan.

1 Response to "Tips #4 : Membuat Artikel Sederhana Dengan Satu Foto"

  1. memang benar gan kadang artikel dengan banyak kata sampai ribuan kata akan membuat pembaca mulai jenuh atau bosan, apalagi penjelasnnya secara tidak di sadari muter2 di tempat saja.

    btw terimakasih infonya gan.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel