Tips #3 : Langkah Awal Ngeblog, Buatlah Blog dan Mulai Menulis

Tips #3 : Langkah Awal Ngeblog, Buatlah Blog dan Mulai Menulis


Tips ini bukan untuk blogger yang sudah mempunyai blog, tetapi lebih ditujukan bagi mereka yang baru saja hendak memulai perjalanan blogging.

Biasanya mayoritas orang yang hendak terjun ke dunia blogging adalah dengan membaca berbagai teori cara membangun blog, kemudian tips dan triknya, memilih niche blog, dan lain sebagainya. Terima kasih harus diucapkan pada para blogger yang sudah dengan sukarela membagi pengetahuannya.

Tetapi, saya ingin memberikan tips kecil tentang langkah awal ngeblog yang sedikit berbeda dan mungkin terdengar ekstrim.

Langkah awal ngeblog yang saya anjurkan kepada Anda yang baru mau ngeblog adalah SINGKIRKAN SEGALA TEORI YANG ANDA BACA DAN SEGERALAH BUAT BLOG dan MULAI LAH MENULIS.

Itu saja.

Mengapa langkah awal ngeblog harus dimulai dari membuat blog?

Sederhana saja.

Sebagai seorang yang baru saja mau melangkah, pengetahuan tentang dunia blogging dan segala sesuatu yang terkait di dalamnya, terutama istilah adalah 0. Sama sekali tidak ada.


Tentunya akan terasa sangat sulit untuk memahami secara jelas apa yang disampaikan.

Kesannya, dunia ngeblog itu ruwet dan rumit. Terlalu tehnis.

Belum lagi, seorang pemula seperti memasuki dunia baru yang sama sekali asing, baik dari gaya berbahasa, istilah yang dipakai, dan lain halnya. Mirip seperti anak baru yang masuk kelas sambil celingukan kesana kemari.

Butuh waktu untuk beradaptasi.

Bahkan kalau memperhatikan dinamika para blogger, mereka-mereka yang sudah lebih dahulu ngeblog saja sering masih bertanya hal-hal dasar. Apalagi bagi mereka yang baru mau memulai langkah awal ngeblog.

Oleh karena itu, saya sangat sarankan untuk memulainya dalam tiga langkah saja

1) Berhenti membaca teori blogging


Semakin Anda membaca akan semakin banjir informasinya. Belum lagi ada banyak teori yang bertentangan antara satu blogger dengan blogger lain.

Sama seperti busi mobil, kalau uap bensin dari karburator terlalu banyak, mesinnya malah tidak jalan.

Cukup cari satu artikel tentang caea membuat blog di blogger/blogspot atau wordpress saja. Tidak usah banyak-banyak bacanya, satu atau dua sudah cukup. Yang penting ada bekal sedikit untuk membuat sebuah blog.

2) Buat blog segera


Tidak usah berpikir pakai platform apa. Mau pakai blogspot boleh, wordpress tidak masalah, tumblr juga OK. Silakan saja pakai yang paling "mudah" menurut Anda.

Jangan cari yang terkesan keren dan hindari memakai Top Level Domain atau hosting berbayar. Jangan menjebak diri Anda dengan keruwetan tehnis. Percayalah, kalau hal ini dilakukan maka Anda akan menemukan diri Anda lebih banyak menghabiskan waktu hanya membaca urusan tehnis yang tidak akan ada habisnya.

Jadi, blog gratisan adalah yang terbaik untuk memulai. Selain tidak adanya biaya, selain biaya kopi dan cemilan buat teman menulis

3) Mulailah menulis

Ngeblog tidak akan jalan dengan terus membaca teori. Ngeblog adalah tentang menulis. Jadi lakukan yang utama dulu, yaitu mulailah menulis.

Nikmati dunia baru.

Akan ada sensasi tersendiri ketika memulai langkah awal ini. Biarkan diri Anda menikmatinya dan tidak usah terlalu ruwet dengan Teori dan Target. Biarkan diri beradaptasi dengan lingkungan.

Ingat saja seorang Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo yang sudah sejak kecil bermain bola, mereka membutuhkan waktu untuk adaptasi dengan lingkungan di klub barunya.

Anda pun membutuhkan waktu itu.

Adaptasi dan nikmatilah.

Itu saja.

Anda pasti akan menemukan tidak lama kemudian berbagai kesulitan dan kebingungan. Dijamin. Pada saat itulah Anda harus mulai mencari jawabannya.

Satu per satu saja. Tidak perlu sekaligus. Kalau masalahya hanya bagaimana memasukkan gambar atau foto ke dalam postingan, carilah jawabannya. Praktekkan.

Selesai itu, masalah berikutnya.

Biarkan proses itu mengalir. Yang pasti, tetap jangan berhenti menulis hanya untuk sekedar berkelana mencari pemecahan masalah. Menulis harus tetap yang utama dan memecahkan masalah yang lain adalah sampingan.

Yang pasti, jangan berhenti bertanya dan belajar. Jangan mundur hanya karena tidak bisa memasnag widget di sidebar atau foto author tidak bisa tampil. Manfaatkan Google untuk mendapatkan jawabannya, tidak sulit kok. Semuanya sudah tersedia.

Yang diperlukan hanya kemauan untuk mencari dan mencari.

Jadi kawan, janganlah berpikir rumit tentang ngeblog. Mulailah dari hal yang sederhana saja. Tidak perlu terlalu membebankan diri dengan berbagai teori dan target. Cukup lakukan inti dari ngeblog itu sendiri sebagai langkah awal Anda, yaitu buat blog dan menulis lah.

Setelah itu Anda akan menemukan blog yang Anda buat itu akan membawa Anda ke dunia baru yang penuh dengan pengetahuan dan tantangan.

Jangan khawatir akan tersesat. Selama Anda mau bertanya dan membaca, pasti ada jawabannya.

Happy Blogging, my friends.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments