Tidak Ada Cara Ampuh Agar Di-approve Google Adsense


Sayang sekali, bukan karena hendak menyurutkan semangat untuk menjadi Adsense Publisher, tetapi memang kenyataannya saya tidak berpandangan kalau ada cara ampuh agar di-approve Google Adsense.

Tentu saja, saya tahu kalau banyak blogger, senior atau junior, yang menuliskan tentang berbagai tips dan trik yang diembel-embeli kata "TEPAT", "JITU, "AMPUH" untuk lolos penilaian dari Google Adsense.

Tetapi, rasanya tulisan-tulisan lebih bertujuan mendatangkan trafik pengunjung dibandingkan benar-benar memberi cara jitu mendapatkan approval dari Adsense.

Kalaupun Anda menuruti dan mengikuti berbagai petunjuk yang ada di dalamnya sampai sekecil-kecilnya, sudah pasti nama Anda akan tercantum sebagai seorang Adsense Publisher? NO WAY. Tidak ada jaminan.

Mengapa Tidak Ada Cara Ampuh Agar Di-approve Google Adsense?

Terdengar kasar, mungkin, tetapi bukan kah lebih baik mengatakan yang sebenarnya daripada memberikan mimpi-mimpi indah. Berbagai tulisan yang bertebaran di dunia maya seperti mengajak para peminat Adsense untuk bermimpi dibandingkan memberi fakta dan kenyataan yang harus dihadapi.

Sebelum Anda berprasangka negatif tentang saya dan blog ini, silakan perhatikan bahwa pada blog ini sudah ada iklan dari Adsense. Sesuatu yang menunjukkan bahwa sebagai admin-nya, saya sudah memiliki account sebagai Publisher Adsense.

Account tersebut didapat dari blog utama saya (bukan Maniak Manulis) daam waktu 3 hari saja setelah pengajuan. Tanpa pernah mengalami penolakan atau menunggu terlalu lama.

Tetapi, pengalaman tersebut tidak mendorong saya untuk menghasilkan tulisan bertajuk "Cara Jitu nan Ampuh agar dapat disetujui Google Adsense". Padahal, tentunya kalau hal itu dilakukan pun, saya memiliki dasar dan cukup sahih untuk ikut berbagi.

Tetapi, tidak. Saya tidak mau ikut serta menebarkan mimpi indah kepada para peminat lainnya.

Penyebabnya hanya satu hal, mengapa tulisan-tulisan seperti itu tidak akan bisa mewujudkan impian siapapun supaya mendapatkan account publisher yang diimpikan.

Hal tersebut adalah TIDAK SEORANGPUN yang tahu kriteria dan mekanisme penilaian yang dilakukan Tim Adsense.

Tidak. Kecuali mereka-mereka yang ditunjuk oleh Adsense untuk menilai web-web pelamar, tidak ada seorang pun di luar mereka yang TAHU dengan pasti cara dan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Cobalah tanyakan sendiri pada yang menulis, apakah mereka mengetahui secara pasti tentang hal itu? Jawabannya pasti tidak.

Saya tidak berpikir bahwa Google Adsense sebagai unit bisnis akan membuka secara rinci tentang prosedur dan mekanisme penilaian mereka. Kalau hal itu dibuka, bisa dipastikan bahwa para pesaingnya akan bisa memanfaatkannya untuk menjatuhkan mereka.

Tetapi, Adsense tentu saja memberikan panduan agar para peminat bisa mengajukan diri. Hal itu sudah ada dalam berbagai guidance atau panduan resmi, yang tentu saja sifatnya sangat umum sebagai panduan dasar. Meskipun demikian, panduan-panduan itu tidak secara rinci menjelaskan kriteria apa yang mereka pergunakan dalam penilaian.

Artikel-artikel yang banyak beredar di dunia maya yang memberikan arahan, tips, atau trik mendapatkan account Publisher di Google Adsense, semua dibuat berdasarkan asumsi, pengalaman, dan bukan berdasarkan kriteria pasti.

Jadi, kalau Anda berharap akan menemukan cara ampuh agar disetujui Google Adsense, jawabannya Anda akan kecewa. Tidak ada yang bisa memastikan itu.

Jadi, apa yang bisa dilakukan agar Adsense menyetujui lamaran Anda?

Trial and error.

Karena tidak ada kepastian, yang bisa dilakukan hanyalah mencoba, mencoba, dan mencoba. Ditolak sekali, coba kedua kalinya. Ditolak 2 kali, coba lagi. Lakukan sampai mereka menyetujui, atau Anda lelah mencoba.

Tetapi, saran saya dalam hal pengajuan lamaran Adsense, tidak menjamin apa-apa, adalah

1. Jangan ajukan permohonan kalau blog yang Anda kelola masih muda (3 bulan minimal)
2. Usahakan blog sudah terisi cukup banyak artikel dan mendapat trafik organik dari mesin pencari
3. Kalau ditolak, lakukan perbaikan yang diminta dan berikan tenggang waktu 1 bulan sebelum pengajuan berikutnya
4. Fokus kan diri tetap pada menulis artikel dibandingkan mencari tips dan trik diapprove Adsense. Jadi kalaupun tetap tidak mendapatkan persetujuan, bisa dicarikan cara lain untuk memonetisasinya
5. Jangan gampang menyerah atau mengeluh karena hanya membuang waktu saja

Sangat umum yah. Memang kenyataannya demikian, walau saya seorang Adsense Publisher, saya tidak tahu apa kriteria pasti penilaian. Jadi, jangan harapkan ada tips ajaib nan ampuh agar bisa diapprove Adsense disini.

Saya lebih suka mengatakan apa adanya, daripada Anda terlalu bermimpi indah. Sesakit-sakitnya fakta, lebih menyakitkan kalau Anda terbuai mimpi indah dan kemudian menyadari kalau semua itu hanya mimpi saja.

Keep on trying dan tetap semangat.

2 Responses to "Tidak Ada Cara Ampuh Agar Di-approve Google Adsense"

  1. Saya paham apa yang admin tuliskan merupakan sesuatu fakta.

    ReplyDelete
  2. Yah kenyataannya memang demikian, bukan begitu kang.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel