Terburu-Buru Ingin Sukses Ngeblog Bisa Menjadi Penyebab Kegagalan Lo!

Terburu-Buru Ingin Sukses Ngeblog Bisa Menjadi Penyebab Kegagalan Lo!


Berapa waktu yang Anda berikan kepada blog yang Anda kelola agar bisa sukses dan menghasilkan uang? 3 bulan? 6 bulan? 1 tahun? 2 tahun?

Hati-hati lo!

Kalau jangka waktunya terlalu pendek, hal itu justru bisa menjadi penghambat dan penyebab kegagalan. Hasilnya banyak sekali blog yang gagal karena bloggernya terburu-buru ingin sukses.

Kalau tidak percaya, lihat saja begitu banyak blog "zombie" alias blog tak bertuan yang gentayangan di dunia maya. Tidak pernah lagi diupdate. Tidak ada artikel baru. Persis seperti rumah kosong tak berpenghuni. Para pemiliknya kemungkinan besar bahkan sudah lupa pernah memilikinya.

Mungkin yang tidak disadari oleh banyak blogger adalah bahwa blog dan blogging adalah sebuah perjalanan panjang, dan bisa jadi tak berujung. Mirip lah dengan lari maraton.

Jarang dan bahkan hampir tidak ada blog yang bisa sukses dalam waktu "sekejap".  Tahunan adalah waktu yang diperlukan untuk membangun, mengembangkan sebuah blog agar mencapai level yang diinginkan.

Coba saja baca tulisan-tulisan karya blogge terkenal dari dalam dan luar negeri. Tidak akan pernah ada ditemukan sebuah blog yang bisa mengalirkan uang banyak ke pundi-pundi yang punya dalam waktu 1 tahun. Kalau cuma recehan sih, saya sudah bisa menghasilkan itu dalam setahun, tetapi jumlahnya jauh dari cukup untuk menghidupi diri dan keluarga.

Oleh karena itu, pengaturan dan manajemen stamina, baik fisik dan mental, sangat diperlukan untuk mencapai garis finish, KESUKSESAN, KETENARAN, dan tentu saja UANG (kalau memang menginginkannya).

Menetapkan sebuah target terlalu pendek, katakan lah 1 tahun supaya blog sudah bisa memberikan penghasilan, adalah sebuah hal yang KONYOL. Bagaimanapun hebatnya usaha seorang atau beberapa blogger, satu tahun adalah waktu minimum agar sebuah blog bisa berdiri dan mulai mendapatkan nama.

Jangan bayangkan bisa langsung mengalirkan ribuan dollar dan bisa membuat kita berleha-leha. Bahkan uang yang dihasilkan dari blogging mungkin hanya cukup untuk beberapa kali minum kopi di Starbuck saja.

Bohong besar kalau ada yang bisa menjanjikan hal itu.

Oleh karena itu menetapkan sasaran dan waktu terlalu pendek dalam ngeblog bukanlah sebuah hal yang bijak. Hal tersebut justru dapat mempersulit diri sendiri.

Sudah sifat manusia kalau keinginannya tidak tercapai maka akan timbul rasa kecewa. Mutung dalam bahasa Jawanya. Rasa kecewa, kesal, sebal, biasanya kemudian akan menutupi pemikiran logis dan memdorong seseorang tidak lagi berpikir jernih.

STRESS. DEPRESI.

Bisa jadi hal tersebut akan mendorong seseorang untuk melakukan tindakan drastis yang fatal bagi dirinya, seperti :

  • Malas Ngeblog
  • Memakai jurus-jurus SEO Black Hat
  • Menyuruh orang untuk mengklik iklan di webnya
  • Membuang waktu dengan sibuk mencari tips dan trik "AMPUH"
dan masih banyak lainnya.

Hasilnya, tidak lagi fokus pada kegiatan ngeblognya. Justru yang dicari adalah cara-cara, baik halal atau tidak, untuk memastikan "apa yang diinginkan" terpenuhi.

Ngeblog tidak seharusnya demikian.

Tidak beda dengan menjalankan sebuah usaha, ngeblog pun harus tetap mempertahankan kejujuran, mata uang sepanjang masa. Tidak boleh dikotori dengan usaha-usaha curang.
 
Dengan membuat target yang terlalu terburu-buru, seorang blogger hanya menempatkan dirinya dalam jebakan sendiri. Suatu waktu jebakan itu akan memakan dirinya sendiri, membuatnya stress dan depresi.

Kalau diibaratkan seperti lari, sang blogger seperti ingin cepat sampai dengan berlari lebih cepat dalam sebuah lomba maraton 42.8 kilometer. Ia berlari secepat mungkin sejak awal. Hasilnya bisa dipastikan, satu atau dua kilometer saja ia akan kehabisan nafas jauh sebelum mencapai garis finish.

Itulah mengapa, jika seseorang bertanya berapa target yang saya berikan untuk Maniak Menulis dan beberapa blog lainnya, maka jawabannya TIDAK TAHU. Saya lebih suka menghindarkan kehabisan nafas karena saya menyadari bahwa ini akan menjadi sebuah perjalanan panjang.

Untuk itulah pula, saya masih tetap mempertahankan pekerjaan agar tetap mendapatkan keamanan dari segi finansial dan memberikan ketahanan keuangan di saat saya membangun blog-blog ini.

Alasannya sederhana, karena saya tidak ingin GAGAL.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 comments

Saya salut dengan gaya bahasa dan tulisan PAK ANTON sebab mengalir dan bermakna,,membuat saya seolah - olah berkaca pada diri saya sendiri.

Tulisan karya PAK ANTON membuat saya seolah - olah diberi tahu oleh sesuatu yang tidak nampak dan mengatakan " INI LOH...GAYA TULISAN YANG PATUT UNTUK DI CONTOH "

Semua artikel PAK ANTON, terutama artikel ini membuat saya sangat menikmati dalam membacanya,sebab apa yang dituliskan bukan omong kosong, melainkan ILMU, NASEHAT DAN BIMBINGAN buat saya.

Jujur saya DEPRESI sekali karena kegagalan dalam meraih full APPROVE ADSENSE, padahal sudah setahun berjalan mengeluti blog.

Dari artikel PAK ANTON saya mendapat MOTIVASI bahwa tujuan sebenarnya dalam ngeblog adalah MEMBERI MANFAAT ,dan penghasilan adalah BONUS dari blog yang sudah memberikan MANFAAT.

BY.KANG NATA

Balas

Wah senang sekali dapat kunjungan Kang Nata kesini...

Yah, saya mah hanya berusaha memberitahukan apa yang saya alami dan siapa tahu bisa dimanfaatkan. Senang rasanya mendengar bahwa hal itu bisa memberi manfaat pada orang lain...

Balas