Potensi Blog Sebagai Sumber Penghasilan di Masa Depan Tetap Kinclong


Kalau membaca beberapa tulisan yang beredar di internet mengenai masa depan dunia blogging, rasanya kok banyak orang yang pesimis. Hal itu bisa terlihat dengan, katanya, adanya indikasi penurunan jumlah blogger dan meningkatnya jumlah blog tak terawat yang menjadi sampah di dunia maya.

Hal ini menunjukkan bahwa cukup banyak orang (entah berapa banyak) yang memandang bahwa ngeblog tidak lagi menjanjikan, terutama berkaitan dengan kemampuannya untuk dipakai sebagai sumber penghasilan.

Tetapi, benarkah potensi blog sebagai sumber penghasilan di masa depan sesuram itu?

Kalau saya sendiri berpendapat sebaliknya. Justru, yang terlihat berdasarkan beberapa asumsi menunjukkan bahwa potensi blog, terutama di Indonesia, sebagai sebuah kegiatan yang bisa menghasilkan justru sangat besar di masa depan.

Memang, tidak juga salah bahwa banyak blog terbengkalai dan tidak terurus, tetapi hal tersebut sepertinya merupakan "seleksi alam" yang memisahkan antara yang benar-benar gemar menulis dan mereka yang hanya ikut-ikutan.

Juga tidak dinafikan bahwa tahun 2016 ini (tahun 2017 kemungkinannya sama) iklan sebagai sumber utama penghasilan para blogger seperti keran yang mampet. CPC (Cost per Click) yang kecil dan hadirnya UC browser dengan ad blockernya , serta banyak hambatan lainnya membuat banyak blogger berteriak histeris.

Tetap saja, saya tidak bisa tidak tetap berpandangan optimis dalam hal ini. Bukan hanya karena sifat saya yang cenderung tidak mudah menyerah terhadap tantangan, tetapi juga beberapa data yang ada menunjukkan hal tersebut.

Data-data itu seperti


1) Jumlah pengguna internet di Indonesia akan terus meningkat


Tahun 2016, menurut beberapa media, jumlah pengguna internet di Indonesia ada sekitar 88.8 juta orang.

Jumlah ini "baru" 1/3 dari total penduduk Indonesia.

Kemungkinan besar jumlah ini akan terus bertambah setiap tahunnya. Bukan hanya karena tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia yang secara stabil merangkak naik, tetapi juga karena kenyataannya, internet sudah menjadi sebuah kebutuhan umum.

Dengan begini, bisa diharapkan jumlah penggunanya akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Bila dihitung pertumbuhannya sama dengan angka inflas tahunan negara ini yang sekitar 6%, maka setiap tahun akan ada sekitar 5 juta pengguna internet baru. Apalagi generasi muda yang sejak dilahirkan sudah bergaul dengannya.

Kalau pengguna internet meningkat, sudah pasti pencari informasi juga akan bertambah.


2) Ekonomi Indonesia terus bertumbuh dengan pasti

 

Setiap tahun pertumbuhan PDB Indonesia sebagai indikator tingkat pertumbuhan ekonomi juga secara pasti terus naik. Angkanya mendekat 6% juga.

Pertumbuhan ekonomi ini, selain memperkuat daya beli rakyat, juga sekaligus memperbesar pasar yang sudah ada. Para pengiklan pun akan menyadari hal tersebut dan mereka akan mengikutinya dengan memperbesar dana promosi atau iklan.

Memang, persaingan antara media sosial dan blog sepertinya saat ini dimenangkan oleh media sosial saat ini. Tetapi, pasar Indonesia adalah pasar yang besar. Bahkan sebagian kecil saja market iklan di Indonesia, tetap saja cukup besar.

Apalagi dengan perekonomian yang terus tumbuh. Bisa dipastikan akan banyak pengiklan baru yang masuk ke dalam pasar.


3) Jumlah blogger menurun


Ketidaksabaran dan ketidakkonsistenan banyak blogger membuat mereka memilih untuk membuang blog mereka dan berpindah ke lain hati. Hasilnya, memang mudah sekali ditemukan blog yang tidak pernah lagi diupdate dan menjadi zombie di internet.

Efeknya, entah harus dipandang baik atau buruk. Jumlah blogger menurun.

Dari sisi pandang negatif, bisa dikatakan Indonesia kehilangan cukup banyak penyedia konten dan informasi gratis pada masyarakat.

Sebaliknya dari sisi pandang positif, bagi para blogger, maka persaingan berkurang cukup banyak. Hal itu akan menguntungkan karena "kue" iklan yang ada akan dibagi dengan jumlah yang lebih sedikit.

Dari sini, saya tidak bisa memandang potensi blog menurun. Besar kemungkinan, walau tidak memastikan, blog akan kembali tumbuh dan potensinya sebagai sumber penghasilan tetap menjanjikan di masa depan.

Walaupun demikian, saya tidak bisa bilang hal itu akan terjadi di tahun 2017. Kemungkinan besar, kalau kata "orang pintar", potensi blog akan kembali bersinar di tahun 2018.

Semoga saja.





1 Response to "Potensi Blog Sebagai Sumber Penghasilan di Masa Depan Tetap Kinclong"

  1. terlepas mau maningkat atau menurun jumlah blogger, bagi saya blogging salah satu cara ibadah intelektual. melalui blog bisaa jadi ajang tabligh (menyampaikan kebenaran). hehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel