Menulis Petunjuk Arah Bisa Mendatangkan Pembaca Yang Banyak Sekali


Bagaimana cara mendatangkan pembaca yang banyak ke blog? Kalau Anda seorang blogger, tentunya pertanyan itu selalu ada di kepala kita, bukan kah begitu?

Boleh saya sarankan satu cara nan sederhana ala city blogger (blogger yang menulis tentang kota). Tidak perlu riset. Tidak perlu terlalu banyak menerapkan tehnik SEO (Search Engine Optimization).

Bagaimana dengan pengunjungnya? Silakan abaikan teori para blogger sukses yang kerap menganjurkan untuk melakukan riset keyword yang tinggi tingkat pencariannya memakai Google Keyword Planner. Sungguh tidak perlu Anda melakukan itu.

Yang anda perlukan hanya pengetahuan kecil, yang secara tidak sadar sudah Anda hapal karena merupakan rutinitas.

Caranya yaitu menulis petunjuk arah ke sebuah tempat wisata di kota dimana Anda tinggal.

Tidak percaya?

Coba ketik saja beberapa kata ini di kolom pencarian Google " Cara Menuju Kebun Raya Bogor". Silakan lihat berapa banyak pembaca yang sudah membaca tulisan seperti itu.

Saat tulisan ini dibuat sudah ada lebih dari 80 ribu orang yang membacanya dan setiap bulan rata-rata bertambah dengan 5000-6000 orang.

Hanya sebuah tulisan sederhana, yang pada saat membuatnya pun saya sendiri tidak menganggapnya sebagai sebuah tulisan serius. Tanpa SEO berlebihan dan hanya menempatkan beberapa kata yang menurut saya biasa dipakai saat orang mencari petunjuk arah ke suatu tempat.

Sebuah tulisan iseng dan sebenarnya dibuat hanya sekedar ingin membantu orang-orang yang biasa berwisata di Bogor untuk mencapai lokasi wisata ini dari Stasiun Bogor.

Hanya itu saja.

Coba saja lakukan riset dengan Google Keyword Planner. Apakah Anda akan menemukan hal itu? Ternyata sama sekali tidak.

Itulah yang ingin saya sarankan kepada Anda, bila Anda seorang blogger. Tetap berpikir sederhana, tetap mencoba untuk membantu orang lain, dan jangan berpikir terlalu rumit.

Menulis petunjuk arah tidaklah rumit dan sangat sederhana. Pengetahuannya pun tentunya sudah tersedia karena kita pasti tinggal di suatu kota dan setiap hari berlalu lalang di dalamnya. Hampir pasti, kita sudah hapal sekali tentang rute-rute di dalam kota tersebut.

Berbagilah dengan orang lain.

Memang tidak keren, profesional dan terlihat "woowww".. Hanya berisikan petunjuk arah saja. Tetapi, bukankah sebuah kota pasti dikunjungi oleh ribuan, bahkan bisa mencapai puluhan atau ratusan ribu orang kalau banyak tempat wisata?

Tidak semua orang tahu tentang rute dan bagaimana cara menuju ke sebuah tempat, terutama bila mereka bukan warga kota tersebut.

Bantulah mereka dengan menyediakan panduan menuju ke tempat-tempat tersebut. Jadilah guide bagi mereka dan berikan petunjuk arah beserta dengan angkutan yang harus dinaiki untuk mencapainya.

Sebuah kesempatan bukan? Memang sudah ada Google Maps, tetapi aplikasi itu tidak mencantumkan bahwa ada jalan yang satu arah, angkutan apa yang harus dipakai, dan hal-hal seperti itu. Disanalah Anda sebagai blogger bisa memanfaatkannya untuk menjaring pembaca.

Apalagi, karena terlalu sederhananya, tidak banyak blogger yang mau menuliskannya. Padahal jumlah mereka yang memerlukannya sangat banyak dan sekali menulis, biasanya tulisan tersebut akan tetap dibaca selama beberapa tahun.

Saya di blog Lovely Bogor menulis banyak sekali petunjuk arah, ke tempat wisata, ke Rumah Sakit, dan bahkan ke kantor polisi. Tulisan-tulisan ini mendatangkan puluhan ribu, bahkan ratusan ribu pembaca ke blog kecil itu.

Bukan bullshit atau omong kosong karena setiap tulisan berisi petunjuk arah paling tidak dibaca ribuan kali.

Silakan lihat sendiri di bagian Informasi Lovely Bogor, dan Anda akan menemukan banyak tulisan yang memberikan petunjuk arah di dalam kota Bogor. Kalau Anda buka satu-satu, maka akan terlihat bahwa tulisan-tulisan seperti itu banyak sekali dibaca, sesuatu yang menunjukkan kalau tulisan-tulisan seperti itu sangat dibutuhkan.

Lalu, mengapa Anda harus berusaha tampil terlalu profesional menjadi guru atau profesor untuk mendatangkan pembaca ke blog? Cukup menjadi warga sebuah kota , atau paling wah seorang guide saja saja sudah cukup.

Silakan coba sendiri.  Caranya tidak sulit.

1) Pilih satu tempat wisata, atau tempat apapun yang ramai dikunjungi oleh orang dari luar kota
2) Lalu tulislah petunjuk arah dari stasiun atau terminal bis yang ada di kota
3) Lengkapi dengan trayek angkutan yang tersedia

Tulislah serinci mungkin yang Anda bisa.

Sederhana bukan.

Setelah beberapa bulan, silakan share hasilnya disini. Kemungkinan besar, kabar menyenangkan yang akan Anda berikan disini.

6 Responses to "Menulis Petunjuk Arah Bisa Mendatangkan Pembaca Yang Banyak Sekali"

  1. Lagi - lagi ,,,,saya salut dengan cara Pak Anton Menulis sebuah artikel, saya percaya kalau TULISAN Pak Anton yang berjudul " Cara Menuju Kebun Raya Bogor " sudah dkunjungi oleh 80 ribuan lebih.Sebab menuliskan rincian yang tidak membuat pembacanya tersesat.Membaca tulisan itu membuat saya seolah - olah dituntun dengan selamat sampai ke KEBUN RAYA BOGOR.

    Saya juga salut dengan cara Pak Anton Mencari IDE TULISAN, sebab menulis tentang artikel PENUNJUK ARAH memang masih sedikit sekali padahal banyak orang yang mengunakan INTERNET untuk mencari DAERAH ATAU TEMPAT tertentu.

    Saya jadi terinspirasi untuk menulis penujuk arah mengenai TEMPAT yang penting di daerah saya.Mungkin bisa bermanfaat untuk orang lain jika saya mencoba menulisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Kang... itu ruang yang masih jarang dimanfaatkan para blogger padahal yang butuh banyak sekali.

      Justru saya berharap semakin banyak orang yang menulis tentang kota mereka dan berbagi hal-hal seperti ini.

      Delete
  2. Ohya Pak Anton sedikit melenceng dari judul artikel ini, Saat saya membuka BLOG KHASIAT JITU, ternyata ada komentar Pak Anton,saya ucapkan banyak terima kasih atas komentarnya,TETAPI blog tersebut sudah lama saya tinggalkan,,karena BLOG tersebut saya pikir tidak layak lagi untuk didaftarkan KE GOOGLE ADSENSE.

    Jadi saya buat BLOG BARU Yang saya beri nama " ASIKPEDIA.COM "
    Mohon maaf yach Pak Anton sebab tulisannya TIDAK RELEVAN dengan isi artikelnya.Mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. OOhh.. sayang sekali. Padahal jalan sekaligus dua saja kang.

      Kalau yang satu buat melamar adsense, yang kedua jangan dianggurkan. Kalau nanti Adsense accountnya dapat, bisa juga dipasang di blog Khasiat Jitu.

      Tidak akan ada yang sia-sia kang kalau dilakukan setulus hati

      Delete
  3. Idenya bagus Pak. Tapi seperti kata Bapak, tidak semua orang bisa melakukannya. Sebagai wanita, saya sering sekali lupa arah jalan. Biasanya pake Google maps. Jalan pulangnya pake Google maps. Jangankan menulis artikel, cerita ke teman aja tadi lewat mana, jawabannya, ikuti Google maps aja.

    Tapi saya termasuk orang yang berterima kasih terhadap penulis artikel sejenis. Memang sangat diperlukan untuk orang-orang seperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap.. masing-masing punya cara dan tidak perlu ikut cara orang lain kalau memang tidak cocok. Ini hanya sebuah ide, kalau memang ingin mencari tambahan pengunjung.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel