Memasang Iklan Ukuran Besar di Bawah Judul Artikel Bisa Menyebabkan Terkena Warning/Peringatan


Bukan mitos. Bukan juga sekedar omong kosong. Kenyataannya memang memasang iklan ukuran besar di bawah judul artikel memang bisa menyebabkan seorang Adsense Publisher terkena warning alias peringatan.

Hal ini tidak berdasarkan rujukan dari web manapun, yang mungkin hanya sekedar asumsi dan menduga. Peringatan ini memang terbukti benar adanya.

Apa yang saya tuliskan disini adalah apa yang saya terima beberapa minggu lalu.

Pada blog Lovely Bogor yang saya kelola, sudah sejak tahun 2015 yang lalu sebuah iklan berukuran 338 X 280 anteng berada di antara judul artikel dan awal tulisan.

Tidak ada tanda-tanda sama sekali bahwa hal tersebut menjadi masalah. Apalagi, selama berselancar di internet, banyak sekali blog yang saya lihat melakukan hal yang sama. Jadi, selama lebih dari satu tahun saya merasa aman.

Sama sekali tidak ada teguran dari Adsense.

Tetapi, beberapa minggu yang lalu, ada pita merah muncul di dashboard Adsense. Juga, ada satu email masuk dari Adsense.

Isinya, ya itu tadi. "WARNING", atau dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar "PERINGATAN".

Intinya sederhana bin simpel nan jelas. Meletakkan iklan ukuran besar di bawah judul artikel dianggap sebagai sebuah kesalahan. Poin-nya adalah karena iklan tersebut mendorong artikel ke bawah dan hal ini dianggap pelanggaran.

Untuk itu, saya diberikan waktu 3 hari untuk melakukan perbaikan. Pihak Adsense juga memberikan beberapa opsi yang bisa dilakukan, yaitu

  • Menghilangkan iklan tersebut
  • Melakukan revisi pada halaman terkait
  • Menghilangkan halaman tersebut
 Saya pilih opsi pertama. Iklan tersebut dihilangkan.

Memang nelangsa juga rasanya karena posisi iklan di bawah judul artikel adalah penghasil klik yang paling besar di antara posisi-posisi yang lainnya. Berdasarkan pengalaman iklan ukuran besar di lokasi ini menghasilkan hampir 50% dari total klik dan nilainya juga kira-kira sama besar.

Ada beberapa sharing dari rekan sesama blogger yang menyarankan menurunkan iklan tersebut untuk sementara. Kemudian, setelah beberapa minggu memasangnya kembali. Tetapi, saya berpikir bahwa hal itu tetap beresiko dan justru membahayakan account Adsense saya.

Akhirnya saya memutuskan untuk menghilangkan sama sekali. Bukan cuma sementara, tetapi dengan pelajaran ini, rasanya meletakkan iklan ukuran besar di bawah artikel tidak akan lagi menjadi pilihan saya.

Sebagai pengganti, setelah mencoba beberapa posisi, ternyata ada satu posisi penempatan iklan lain, walau masih di bawah performance iklan di bawah judul artikel, tetapi hasilnya tidak berbeda jauh. Bahkan dengan posisi baru ini, untuk pertama kali ada sebuah klik bisa menghasilkan beberapa dollar untuk satu klik.

Patut rasanya berterima kasih kepada yang memberi peringatan. Sudah diberi petunjuk kesalahan dan tidak langsung di-ban, juga mendorong saya menemukan posisi yang lebih baik.

Dimana lokasi atau posisinya? Yah, nanti saja di artikel terpisah ya. Masalahnya kalau dilanjutkan disini tidak lagi sesuai judul artikelnya.

Yang pasti, kalau Anda masih memasang iklan ukuran besar di bawah judul artikel, ada baiknya segera diperbaiki penempatannya. Walau tidak sampai fatal, tetap saja rasanya tidak enak mendapatkan peringatan seperti itu.


0 Response to "Memasang Iklan Ukuran Besar di Bawah Judul Artikel Bisa Menyebabkan Terkena Warning/Peringatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel