Blogwalking Bukan Tata Krama di Dunia Blog


Blogwalking atau jalan-jalan di dunia blog adalah sebuah istilah yang mengacu pada kegiatan mengunjungi blog-blog yang ada di dunia maya. Pelakunya biasanya adalah blogger juga. Oleh karena itu istilah  lainnya adalah silaturahmi antara blogger.

Mengapa disebut silaturahim antar blog? Karena sebagai balasan kunjungan dari seorang blogger ke sebuah blog, maka pemilik blog yang dikunjunginya "diharapkan" untuk melakukan kunjungan balik ke blog si pengunjung.


Boleh dikata blogwalking mirip dengan apa yang dilakukan oleh masyarakat di dunia nyata. Di kampung-kampung sudah menjadi tradisi atau kebiasaan bila seseorang mendapat kunjungan dari tetangga, tidak jarang mereka akan melakukan kunjungan balasan.

Itulah mengapa blogwalking disebut silaturahmi di dunia maya.

Beberapa hari yang lalu kebetulan saya melakukan jalan-jalan ke berbagai blog. Bukan sebuah hal yang tidak biasa sebenarnya karena sejak berkenalan dengan dunia maya, hal itu sudah menjadi kebiasaan tersendiri. Memang sih tidak dengan tujuan blogwalking sebenarnya, tetapi lebih untuk mencari informasi dan pengetahuan.

Salah satu blog menuliskan bahwa "Blogwalking Tata Krama Dunia Blog".

Berkerutlah kening saya memandang pernyataan tersebut.

Anda mungkin menganggap hal itu sebagai sesuatu yang biasa, tetapi saya tidak memandangnya demikian. Pernyataan tersebut berlebihan dalam banyak hal.

Blogwalking adalah kebiasaan tetapi bukan sebuah kewajiban

Bagi saya blogwalking mirip dengan kebiasaan memakai baju baru pada Hari Raya Idul Fitri. Apakah kewajiban memakainya? Jawabnya tidak. Tidak ada keharusan melakukannya.

Padahal kalau memakai kata tata krama, sopan santun, maka berarti hal itu adalah kewajiban. Tata krama adalah norma dalam masyarakat yang harus dilakukan. Sedangkan bila kewajiban tidak dilakukan maka akan ada konsekuensi atau terkena sanksi.

Cobalah Anda mengangkat kaki ke atas meja saat berkunjung ke rumah seseorang. Sudah pasti akan ada hukuman sosial yang akan Anda terima. Anda akan dilabeli sebagai orang yang tidak tahu sopan santun dan kemudian tidak ada lagi orang yang akan mau mengudang Anda ke rumah mereka lagi. Ujungnya orang-orang akan menjauhi Anda.

Itu adalah tata krama.

Tetapi, apakah blogwalking sama?

Jawabannya tidak.

1) Tidak ada aturannya

Coba saja cari dimanapun tentang aturan yang mengharuskan seorang blogger melakukan blogwalking. Sampai lebaran monyet sekalipun Anda tidak akan menemukannya karena memang TIDAK PERNAH ADA.

Baik tertulis atau tidak, tidak ada aturan bahwa seorang blogger harus berkunjung ke blog orang lain, bila memang ia tidak mau.

2) Adakah sanksinya

Bagaimana bisa memberi sanksi, kalau kita tahu seseorang sudah berkunjung ke blog kita atau tidak. Bahkan kalaupun kita seorang ahli komputer sekalipun, tetap saja hampir tidak mungkin menemukan apakah si A dan si B sudah memberikan kunjungan balik atau belum.

 3) Dunia maya adalah dunia demokratis

Jelas. Setiap orang berhak melakukan apa yang dia mau, kecuali hukum melarangnya, seperti UU ITE. Tidak ada yang bisa mengharuskan seseorang melakukan yang tidak dikehendakinya, termasuk diantaranya memaksanya melakukan blogwalking.

Dengan semua ini, maka bisa dikata blogwalking hanyalah sebuah kebiasaan atau paling tinggi tradisi saja. Bukan tata krama dalam dunia blogging.

Anda mau menjalankan silakan. Tidak pun bukan sebuah masalah.

Hanya saja, membaca pernyataan tersebut memang menunjukkan satu hal lain, yaitu bahwa blogger cenderung membesar-besarkan sesuatu bahkan seringkali tanpa menyadari apa makna dari pernyataannya.

4 Responses to "Blogwalking Bukan Tata Krama di Dunia Blog"

  1. Kebiasaan yang akhirnya menjadi Terbiasa,,seperti yang saya lakukan pada Blog ini....tanpa di undang tetap datang,,tanpa datang balik ,,,juga tetap datang ke Blog ini. ? Why... hanya saya sendiri yang tahu...

    ReplyDelete
  2. Yupe saya juga jadi kebiasaan nongol di ASIKPEDIA.. biar kadang nggak meninggalkan jejak

    ReplyDelete
  3. Kalo menurut saya tata kramanya blogwalking (ngarang..) itu seperti.. gak boleh nyepam, kejar setoran dg tebar link, gak boleh komentar ngelantur dan sejenisnya.. emm.. gak tau juga benar apa nggak kalo seperti itu.. hahahaha..
    trus hukumannya ya seperti komentarnya dihapus trus gak ada kunjungan balik.. ampun juragan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tata krama blogwalking bener.. tetapi apakah blogwalking sebuah tata krama? Itu pertanyaannya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel