Blogger Harus Memahami Kode HTML Meski Tidak Perlu Terlalu Mendalam


Ngeblog atau blogging adalah sebuah kegiatan yang intinya menulis. Kegiatan ini jauh sekali dari kegiatan bersifat tehnis. Oleh karena itu, kebanyakan jarang sekali menguasai yang namanya tehnik pemrograman. Sesuatu yang bisa dimaklum mengingat mereka bukan programmer atau hacker yang memerlukan pengetahuan tenang bahasa pemrograman.

Meskipun demikian, pada kenyataannya, seorang blogger akan langsung diberi gelar lain lagi "webmaster" alias admin sebuah web. Ia akan menjadi orang yang bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang terjadi pada blognya.

Hasilnya, walau sebenarnya bukan sebuah hal yang disukai, blogging menuntut seorang blogger untuk memahami kode HTML, sebuah bahasa pemrograman yang umum dipergunakan untuk membangun sebuah website atau blog. Apalagi bila kita menggunakan platform blogger atau blogspot sebagai basis pembuatan blog.

Berbeda dengan Wordpress yang memiliki segudang plug in untuk membantunya, blogspot a.k.a blogger masih sangat sederhana. Hanya ada sedikit peralatan tambahan yang bisa diintegrasikan dalam sebuah blog. Hasilnya, blogger yang menggunakan platform ini harus berjuang sedikit ekstra.

Hal itu disebabkan oleh kenyataan bahwa baik template yang dipakai merupakan bawaan dariBlogspot ataupun membeli, tetap saja akan diperlukan perubahan-perubahan untuk menyesuaikan dengan apa yang dikehendaki oleh sang blogger. Sayangnya, dengan keterbatasan yang ada, hal itu sering hanya bisa dilakukan dengan merubah kode asalnya.

Sebagai contoh kecil, untuk memasukkan kode penelusuran Google Analytics, seorang blogger harus menempatkannya pada posisi tertentu di dalam struktur kode yang ada. Kode ini harus diletakkan di atas bagian kode </head> agar bisa berfungsi dengan baik.

Tanpa memiliki sedikit pengetahuan tentang kode HTML, akan sulit bagi seorang blogger untuk melakukannya.

Belum lagi kalau seorang blogger mau merubah warna, besar huruf, dan bagian-bagian kecil lainnya. Tanpa memahami kode HTMLsedikitpun, maka hal itu akan sulit dilakukan. Ia harus meminta bantuan dari orang lain, yang akhirnya membuat banyak waktu terbuang dan/atau mengeluarkan biaya tambahan.

Oleh karena itu seorang blogger, pengguna blogspot, mau tidak mau harus memahami kode HTML, meskipun tidak perlu terlalu mendalam seperti para pembuat template.

Pengetahuan tentang itu sangat berguna dalam mengelola blognya.

0 Response to "Blogger Harus Memahami Kode HTML Meski Tidak Perlu Terlalu Mendalam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel