Bisakah Payout Adsense Setiap Bulan dengan 1000 Artikel? Mitos atau Realita


Memang itu pertanyaan yang hingga sekarang masih menggayut di kepala. Bisakah seorang publisher payout adsense setiap bulan dengan 1000 artikel di blognya?

Keingintahuan akan hal ini timbul setelah membaca sebuah artikel yang diterbitkan di blog Juragan Cipir, sebuah blog yang cukup punya nama di blogsphere Indonesia. Pengelolanya juga sudah kondang di kalangan blogger Indonesia, Indri Lidiawati, seorang ibu rumah tangga yang sudah menjadi Adsense publisher berpengalaman.

Tentunya, bukan tanpa dasar seorang Indri Lidiawati, blogger berpengalaman mengatakan demikian. Jam terbangnya sudah lama dan jatuh bangunnya pun sudah tidak terhitung. Oleh karena itu, pandangannya dalam hal menghasilkan duit dari Adsense tidak bisa diabaikan begitu saja.

Tetapi, memang bisakah hal itu terjadi? Saya sendiri masih tidak tahu apakah harus meragukan atau membenarkan. Sejauh ini belum ada data atau fakta yang mendukung atau membantah. Kebanyakan Adsenser cenderung tidak mau terbuka dalam hal penghasilannya.

Seorang blogger senior lainnya, Juan Feju, pengelola blog Dapur-Uang, pernah mencoba melakukannya. Ia menggunakan artikel spinner untuk mempercepat penerbitan artikel dan setelah beberapa bulan, ia tidak melihat indikasi bahwa hal tersebut ternyata sulit dicapai.


Dalam pengujian ini, saya meragukan tehnik pengujiannya sendiri karena memakai artikel spinner. Dan, karena saya tidak tahu blog tempat dilakukan pengujiannya, maka sulit juga untuk menilai.

Pengalaman saya mengelola Lovely Bogor mengatakan kemungkinan itu ada. Saat ini blog yang bercerita tentang Kota Hujan, Bogor itu sudah terisi 735 artikel dan penghasilan perbulannya kira-kira 50% dari pembayaran minimum dari Google Adsense yang US$ 100 per pembayaran. Jadi, secara teori kalau jumlah artikel ditingkatkan mencapai 1000 artikel, kemungkinannya cukup besar untuk mendapatkan gaji rutin.

Padahal blog tersebut tidak terlalu SEO (Search Engine Optimized) friendly karena banyak artikel yang dibuat tanpa mengindahkan kaidah-kaidah SEO. Bisa dikata bahkan seenak udelnya saja. Terkadang ada artikel yang hanya berisi foto dengan deskripsi. Tidak jarang hanya berisi tulisan 300 kata dengan banyak foto dan sebagainya, tetapi penghasilannya lumayan juga.

Jadi, sampai sekarang rasa penasaran terhadap hal itu masih terus ada di kepala. Benarkah bisa mendapat gaji rutin setiap bulan dengan sekedar menerbitkan 1000 artikel dalam sebuah blog.

Daripada penasaran terus menerus, saya memutuskan untuk mencobanya sendiri.

Patokannya adalah apa yang dikatakan oleh Mbak Indri :

  • Blog berusia satu tahun
  • Tidak perlu terlalu SEO optimized (yang saya terjemahkan sebagai boleh atau tidak memakai tehnik SEO)

Tempatnya?


Ada beberapa blog yang saya kelola tanpa menggunakan tehnik SEO dan hanya berdasarkan sekedar menulis saja. Blog Maniak Menulis adalah salah satunya.

Kemungkinan besar, blog ini yang akan dijadikan tempat uji coba dan uji materi "Bisakah payout adsense setiap bulan dengan 1000 artikel?".

Mampukah saya membuktikannya?


Terus terang, agak ragu. Seribu artikel adalah jumlah yang banyak sekali dan bahkan setelah dua tahun mengelola Blog Lovely Bogor, saya belum bisa mencapai angka tesebut, masih kurang 265 artikel.

Jadi, perhitungan saya, kalaupun hal itu bisa dilakukan, waktu akhirnya adalah sekitar 2 tahun 8 bulan dari sekarang karena targetnya satu artikel perhari dan berarti 1000 artikel baru bisa tercapai dalam 3 tahun sejak tulisan ini dibuat (umur Maniak Menulis 4 bulan) . Mungkin juga lebih.

Memang berbeda dengan yang dilakukan oleh Kang Juan Feju yang mengejar kuantitas artikel dalam waktu sekitar 6 bulan saja. Saya pikir saya akan terforsir habis kalau hanya meluangkan waktu untuk membuktikan hal tersebut. Saya harus perlu melakukan manajemen yang baik agar blog-blog yang lain tidak terbengkalai dan rencana pembuktian ini bisa dilakukan juga.

Tidak ada gunanya juga "membunuh" atau "menelantarkan" yang lain, hanya karena ingin membuktikan sesuatu. Sudah seharusnya kalau rencana sampingan ini dimasukkan dalam strategi atau rencana blogging yang saya lakukan.

Walau terdengar konyol, tetapi bukankah terkadang keberhasilan banyak orang dimulai dari hal-hal sepele dan konyol? Lagi pula, kalau 3 tahun dari sekarang blog ini bisa menghasilkan $ 100/bulan, bukankah juga akan menguntungkan bagi saya?

Jadi, tidak ada salahnya mencoba dan memberikan effort atau usaha. Pembuktian bisa dilakukan dan saya akan mendapat upahnya berupa income $ 100 setiap bulannya.

Tidak ada salahnya bukan?

OK, kalau begitu nanti saya akan update setiap ada perubahan berarti, baik gagal atau berhasil. Semoga apa yang dikatakan Mbak blogger senior itu tidak hanya sekedar teori atau mitos, tetapi bisa terbukti. Setidaknya saya bisa untung.

4 Responses to "Bisakah Payout Adsense Setiap Bulan dengan 1000 Artikel? Mitos atau Realita"

  1. Sekarang ini sudah berubah Pak , harus 5000 artikel baru bisa gajian tiap bulan ,,,,hehehhe. bcanda kok pak,,,

    1000 artikel per blog adalah impian setiap Blogger, terasa sulit tapi bukan berarti tidak mungkin,,,bisa asal Motivasi dan Niatnya KUAT DAN TULUS...

    Apalagi punya Modal bisa rekrut Para Penulis seperti Blog JP...

    ReplyDelete
  2. Impian.. jadikan target, maka tidak lagi jadi impian.

    Seribu artikel bukan hal yang mustahil, bukan target yang muluk. Malah realistis sangat.

    Bahkan tidak perlu merekrtu penulis luar pun angka itu cukup bisa dijangkau.

    Semangat Kang...

    ReplyDelete
  3. I WILL TRY Kang, thanks so much atas tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat berusaha om... semoga sukses selalu

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel