Agatha Christie : Penulis Buku Terlaris di Dunia

Agatha Christie - Common Wikimedia
Hercule Poirot. Pernahkah Anda mendengar nama tersebut? Kalau belum segeralah mencoba menemukannya. Cara tercepat adalah dengan menggunakan fasilitas Google, tetapi saya sarankan Anda untuk segera pergi ke toko buku terdekat dengan dimana Anda tinggal.

Kalau Anda heran, wajar saja. Rasanya tidak aneh kalau generasi yang lahir di era tahuan 1990-an atau 2000-an tidak pernah mendengar nama ini, tetapi nama ini tentunya tidak begitu asing bagi generasi yang lahir di tahun 1970-1980-an.

Bila nama ini disebutkan, tentunya, bagi generasi 1980-an akan terbayang di dalam kepala tentang seorang pria Belgia dengan kumis tebal dan panjang tetapi rapih karena si empunya rajin meminyakinya. Ciri lainnya adalah kejeniusan otaknya dalam memecahkan berbagai kasus kriminal.

Tentu saja bukan dalam kasus di dunia nyata. Hercule Poirot adalah nama tokoh fiksi dalam berbagai novel yang populer di tahun 1980-1990-an di Indonesia. Tokoh ini diciptakan oleh seorang wanita Inggris bernama Agatha Christie.

Siapa Agatha Christie?

Agatha Christie adalah seorang penulis novel fiksi kriminal terkenal di dunia. Selama hidupnya ia telah menelurkan paling tidak 66 novel detektif dan 14 kumpulan cerita pendek yang mendunia.

Lahir dengan nama Agatha Mary Clarissa Christie, wanita Inggris kelahiran 15 September 1890 ini dianugerahkan gelar kebangsawanan Inggris, Dame pada tahun 1971 sebagai penghargaan atas karya-karyanya.

Novel-novel terbitannya diterbitkan dalam banyak bahasa, termasuk di antaranya Indonesia. Juga cukup banyak film yang diadopsi dari buku-buku yang ditulisnya.

Dua tokoh utama dalam novel-novel detektifnya adalah Hercule Poirot dan Jane Marple.

Hercule Poirot digambarkan merupakan seorang pensiunan polisi Belgia. Sementara Jane Marple adalah seorang wanita tua Inggris dengan kegemaran minum teh.  Keduanya melambungkan nama Agatha Christie sebagai penulis kelas dunia.

Penulis terlaris di dunia sepanjang masa

 

Bila Anda mengatakan bahwa J.K. Rowling dengan Harry Potternya merupakan penulis terlaris di dunia, maka Anda salah. Guiness Book of World Record mencatat hingga saat ini, penulis dengan penjualan buku terbanyak sepanjang masa masih dipegang oleh Agatha Christie.

Memang buku Harry Potter mencapai penjualan hingga ratusan juta eksemplar, tetapi jumlah tersebut tidak bisa mengalahkan pencapaian yang didapat oleh wanita yang pernah menjadi perawat ini. Secara total jumlah buku hasil karyanya yang terjual di seluruh dunia mencapai angka 2.000.000.000 eksemplar.

Sebuah angka yang hingga kini belum bisa dilampaui.

Salah satu novel karangannya yang mendunia dan diingat semua orang adalah Murder on Orient Express (Pembunuhan di Orient Express) yang juga sudah dibuatkan filmnya yang juga sukses di pasaran.

Itulah Agatha Christie.

Bila Anda belum pernah membacanya, saya sarankan agar segera mencoba dulu untuk membaca salah satunya. Saya tidak bertanggungjawab apabila Anda kemudian ketagihan untuk membaca lainnya. Cara penulisannya yang rinci akan membawa siapapun yang membaca seperti dibawa ke suasana Inggris di masa lampau. Alur ceritanya yang sulit ditebak akan membuat pembacanya penasaran hingga kata terakhir.

2 Responses to "Agatha Christie : Penulis Buku Terlaris di Dunia"

  1. Sering mendengar namanya, tapi belum pernah baca novelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penulis lama.. tetapi salah satu penulis yang saya akan sarankan untuk dibaca karyanya. Keren sis

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel