Memilih Niche Blog Yang Tepat : Bisakah Dilakukan Blogger Pada Saat Memulai?


Bagaimana cara memilih niche blog yang tepat? Pertanyaan seperti ini biasanya diajukan oleh banyak blogger pemula yang hendak memulai perjalanan di dunia blogging.

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh para blogger yang sudah lebih dulu bergelut di dunia ini untuk menyediakan informasi-informasi terkait tentang mengapa dan cara memilih niche blog yang tepat. Judulnya beragam dan walau isinya terkadang 11-12 alias beti (beda tipis) alias hampir sama isinya.

Coba saja cari dengan menggunakan Mbah Google, dengan kata kunci "memilih niche blog yang tepat", tidak butuh lama akan hadir di hadapan Anda, deretan panjang judul artikel seperti di bawah :

  • 10 Tips memilih niche blog yang tepat untuk blog Anda
  • Cara memilih niche blog yang tepat yang pasti menghasilkan banyak uang
  • Memilih Niche blog yang tepat untuk menghasilkan uang jutaan rupiah
Kira-kira seperti itulah artikel yang akan ditemukan di dunia maya dengan topik ini. Banyak sekali bukan? Silakan pilih mana yang mau Anda baca, hanya saya pikir pilihlah 2 atau 3 saja. Kalau dibaca semua justru membuang waktu karena isinya tidak berbeda jauh.

Meskipun demikian, jangan pergi dahulu untuk mencari artikel-artikel yang disebut di atas. Ada baiknya Anda meneruskan membaca tulisan ini, karena mungkin Anda perlu sedikit tulisan penyeimbang. Apa yang saya tulis dalam artikel ini agak berbeda dengan yang kebanyakan ditulis dalam hal ini. Anda mungkin bisa mempergunakannya sebagai penyeimbang.

Pandangan saya sendiri tentang memilih niche blog yang tepat pada saat mau memulai perjalanan ngeblog berbeda. Kebalikan dari apa yang banyak ditulis para blogger, saya tidak yakin bahwa hal tersebut bisa dilakukan.

Judul-judul di atas lebih cenderung merupakan "gimmick" permainan saja dari para blogger untuk menarik pengunjung. Begitu pula isinya. Tidak berarti bahwa apa yang mereka tulis dan sarankan salah, tetapi secara logika agak sulit menerima bahwa sebuah niche blog yang tepat bisa dipilih sebelum kita mulai ngeblog.

Serius!

Coba perhatikan saja beberapa argumen di bawah ini.

Mengapa memilih niche blog yang tepat tidak bisa dilakukan pada saat memulai sebuah blog?

Paling tidak ada 2 hal yang membuat saya yakin seorang yang baru mau mulai ngeblog sudah langsung bisa menentukan niche blog yang tepat. Bahkan, para blogger yang sudah beberapa tahun pun tetap akan mengalami kesulitan untuk mengetahui tepat atau tidaknya niche yang dipilihnya.

Alasannya

1. Target dan Tujuan Ngeblog

Kata tepat akan selalu terkati dengan yang namanya sasaran, target, tujuan. Tidak mungkin tepat kalau tidak ada sasaran yang dituju.

Nah, seorang pemula yang baru hendak ngeblog, pastilah ia mencari-cari apa yang ingin diraihnya dari ngeblog itu sendiri. Kebanyakan belum tahu dengan jelas dan menetapkan target karena mereka belum memiliki pengetahuan tentang dunia ngeblog.

Lalu bagaimana bisa mereka mengatakan bahwa saran yang diberikan tepat atau tidak? Sasarannya saja belum ada.

2. Tepat membutuhkan pembuktian

Kita coba pindah sedikit ke blogger yang sudah menjalani kehidupan sebagai blogger, katakanlah 2 tahun. Kemudian ia merasa bahwa blog gado-gadonya ternyata tidak menghasilkan sesuatu yang diinginkannya, sbeutlah tujuannya uang.

Ia kemudian membaca saran-saran dan berbagai tips memilih niche blog yang cocok seperti disebutkan di atas. Kemudian berdasarkan teori-teori dan saran-saran para master itu, ia memilih niche kesehatan atau tehnologi yang katanya menjanjikan CPC (Cost Per Click) Iklan dalam bahasa Inggris.

Lalu, apakah berarti ia sudah memilih sebuah blog yang tepat untuk dirinya?

Bisa IYA. Bisa juga TIDAK.

Hal tersebut masih harus dibuktikan. Sebuah anak panah
disebut mengenai sasaran dengan tepat ketika anak panah tersebut sudah mengenainya. Kalau belum, maka belum bisa dikatakan bahwa ia tepat sasaran.

Begitu juga sang blogger, ia memilih jalan yang dianggapnya terbaik dalam usahanya mencapai target atau tujuannya. Tetapi, hal itu harus dibuktikan setelah ia berhasil meraih apa yang diinginkannya. Bukan sebelumnya.

Para blogger yang sudah sukses berhak mengatakan niche yang dipilihnya tepat. Mereka sudah membuktikannya. Tetapi, apakah akan menjadi tepat buat orang lain? Belum tentu. Situasi dan kondisinya berbeda dan harus dibuktikan.

Dari dua hal ini saja, sudah terlihat bahwa ketika kita hendak memulai sebuah blog  tidak mungkin kita bisa tahu kalau niche blog yang dipilih akan membawa kesuksesan atau tidak. Tepat atau tidak baru bisa dibuktikan setelah kita menjalani dan membuktikannya sendiri.

Haruskah mengabaikan artikel tentang memilih niche blog yang tepat?

It is your choice, mate.

Meskipun demikian saya sarankan jangan. Tulisan-tulisan tersebut memiliki nilai informasi dan pengetahuan yang besar dan tidak seharusnya diabaikan.

Baca saja.

Saya yakin Anda akan menemukan banyak hal yang akan membantu menemukan cara memilih niche blog yang sesuai untuk diri sendiri. 

Lagi pula para blogger tersebut orang-orang baik karena mau
berbagi dengan orang banyak pengetahuan yang dimilikinya. Sayang kalau dilewatkan.

Yang perlu Anda lakukan adalah satu hal, jangan memandang dan menganggap apa yang mereka tulis sudah pasti tepat untuk Anda. Mereka membuatnya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka sendiri dan belum tentu kondisinya sama dengan Anda.

Mungkin tujuan ngeblognya berbeda. Bisa jadi passionnya tidak sama (besar kemungkinan malah). Jadi, tetaplah olah data dan informasi yang diberikan  untuk menemukan "niche blog yang paling cocok" dengan diri Anda.

Hanya Anda yang bisa menemukannya, bukan orang lain. Seberapapun pengalamannya dia sebagai blogger, tidak akan pengetahuannya melebihi Anda kalau berbicara tentang diri Anda.

0 Response to "Memilih Niche Blog Yang Tepat : Bisakah Dilakukan Blogger Pada Saat Memulai?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel