Helen Keller, Inspirasi Dunia Menulis (Para Blogger Harus Meniru Kegigihannya)

Helen Keller, Inspirasi Dunia Menulis (Para Blogger Harus Meniru Kegigihannya)

Helen Keller, nama yang asing bukan? Mungkin sebagian besar dari blogger di masa sekarang tidak pernah mendengar namanya.

Mungkin pula karena itulah tidak sedikit blogger yang mudah sekali patah arang ketika ia gagal meraih target yang diimpikannya.

Padahal kalau mereka mau sedikit repot mencoba mencari film tentang wanita yang satu ini, kemungkinan besar mereka tidak akan semudah itu mengeluh dan memutuskan berhenti ngeblog.

Percayalah.

Bukan karena ia menghasilkan jutaan dollar dari hasil blogging seperti Linda Ikeji dari Nigeria. Bukan pula karena ia berhasil menjadi orang terkenal dan banjir uang dengan menghasilkan tulisan-tulisan viral.

Yang diberikan Helen Keller kepada dunia jauh melebihi semua itu. Bukan, bukan karena saya tidak menganggap Linda Ikeji tidak bisa menjadi inspirasi bagi para penulis, tetapi memang pencapaian wanita kelahiran Alabama, Amerika Serikat tahun 1880 ini melebihi segala hal yang bisa diimajinasikan.

Mengapa Helen Keller harus menjadi inspirasi blogger dan para penulis lainnya?

Pernahkah tulisan Anda diterjemahkan dalam 2 bahasa? Dua buah karya wanita ini, Helen Keller, diterjemahkan dalam 50 bahasa di dunia. Benar sekali karyanya yang berjudul "The World I Live In" dan " The Story of My Life" tersebar di seluruh dunia dalam berbagai macam bahasa.

Sangat luar biasa bukan?

Pastinya.

Dengan mengetahui hal seperti ini saja Anda mungkin akan merasa minder. Jangan. Pencapaian tersebut bahkan sulit untuk disamai oleh para penulis profesional di zaman sekarang. Hanya sedikit tokoh dunia penulis yang bisa sampai pada level yang sama.

Nah, mengapa Helen Keller harus menjadi inspirasi para blogger?

Bukan. Bukan pencapaiannya karena tentu tidak adil menyamaratakan antara penulis pro dengan blogger. Dunia yang berbeda.

Tetapi, ada satu hal yang seharusnya ditiru dari wanita penulis yang satu ini. Kegigihannya dan karakternya yang pantang menyerah.

Helen Keller adalah seorang wanita yang TUNANETRA dan TUNA RUNGU. Buta dan tuli.

Ia kehilangan dua panca inderanya pada usia 19 bulan. Bisa dikata ia menjadi cacat tidak lama setelah lahir ke dunia.

Padahal untuk menjadi seorang penulis, kemampuan untuk membaca dan mendengar adalah dua kunci utama. Keduanya sangat krusial dalam dunia tulis menulis dan Helen tidak memilikinya sejak kecil.

Ternyata semua itu tidak menjadikannya sebuah halangan untuk tetap produktif menulis. Helen Keller menghasilkan paling tidak 12 buah buku dan entah berapa artikel. Ia juga memiliki gelar kesarjanaan yang ditempuhnya dalam waktu 4 tahun saja.

Bukan hanya dalam bidang menulis, ia pun ikut serta mendirikan beberapa yayasan untuk membantu kaum tidak beruntung, yaitu kaum tuna netra dan tuna rungu.

Kegigihannya menginspirasi jutaan manusia, termasuk diantaranya Mark Twain, seorang penulis yang terkenal dengan "Petualangan Huckleberry Finn" -nya. Jutaan orang hingga kini masih mendapatkan isnpirasi dari perjalanan hidupnya karena bigrafinya dijadikan film dan menghasilkan 2 buah Piala Oscar.

Kalau Anda bisa bayangkan berbagai kesulitan dan hambatan yang dialaminya, tentu Anda akan berhenti mengeluh kalau tulisan Anda kurang laku. Juga, Anda akan malu kalau berhenti menulis hanya karena blognya tidak kunjung ramai.

Semua itu tidak ada artinya kalau dibandingkan dengan apa yang dialami oleh wanita ini. Hebatnya, ia berhasil mengatasi semua itu dan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi umat manusia.

Tidak kah Helen Keller pantas menjadi inspirasi bagi para blogger?

Saya rasa jawabannya sudah pasti.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 comments

Ia bisa berbuat lebih dari manusia normal, kekuranganya tidak menghalanginya berbuat sesuatu.Hebattttt....!!

trus kenapa kita yang sempurna panca inderanya malah tidak kelihatan kehebatannya ? mungkin sedang " Malas Bekerja keras "

Balas

Yap.. butuh kemauan ultra keras untuk menembus keterbatasannya. Jadi kalau mau tiru, tirulah orang seperti ini.

Ia sudah melakukan sesuatu yang melampaui "batasan" yang dibuat banyak orang terhadap dirinya

Balas

Artikel ini jadi penyemangat buat rajin nulis lagi, mau blog sepi atau enggak yang penting mencoba terus belajar, berkarya dan menghasilkan tulisan.

siapa tau nanti bisa menerbitkan buku best seller juga seperti Helen Keller.

Balas

Betul mas.. mencoba, mencoba, dan mencoba terus.. berhasil atau tidaknya tidak akan diketahui kalau kita berhenti di tengah jalan

Balas