Konsisten Kunci Keberhasilan

Konsisten Kunci Keberhasilan


Konsistensi adalah kunci dari keberhasilan banyak orang sukses di dunia.

Seorang Bill Gates tidak akan menjadi salah satu orang terkaya di dunia, kalau ia tidak dengan tekun mengembangkan Microsoft. Jack Ma, sang pendiri Alibaba.com mungkin namanya sudah tenggelam dalam daftar orang-orang tak dikenal kalau ia tidak dengan sabar terus mencoba membangun perusahaannya.

Pasangan Tontowi/Lilyana tidak akan mendapatkan medali emas dalam Olimpiade Rio de Jeneior 2016, kalau ia tidak konsisten berlatih.

Mereka yang namanya disebutkan di atas merupakan contoh dari banyak nama yang berkibar karena mereka berhasil menjadikan diri mereka konsisten.

Begitu juga seorang Helen Keller, seorang yang buta dan tuli, kalau ia tidak terus menerus belajar dan berlatih menulis, maka ia tidak akan pernah memiliki buku yang diterjemahkan dalam belasan bahasa di dunia. Ia tidak akan bisa menginspirasi jutaan orang dengan perjuangannya.

Lalu bagaimana dengan blogger?

Seorang Linda Ikeji, namanya tidak akan berkibar di dunia blog kalau ia berhenti hanya karena blognya tidak ada pembaca. Linda membutuhkan sekitar 5 tahun hingga blognya menjadi terkenal dan meraup ratusan ribu dollar per bulan.

Semua hal ini seharusnya memberikan inspirasi bagi para blogger, termasuk saya sendiri, untuk tetap mempertahankan konsistensi menulis.

Konsisten menulis dalam artian kita harus mampu terus menulis dalam kondisi apapun. Kita harus terus berusaha memacu diri untuk menulis, menulis dan menulis, meskipun terkadang tertekan karena tidak ada pembaca yang datang atau ketika lelah menghadang.

Tetapi, dengan menyadari bahwa "tugas utama" seorang blogger adalah menghadirkan tulisan pada blognya, kita, sebagai blogger, harus terpacu untuk terus menayangkan artikel pada blog yang kita kelola.

Jangan hanya karena pembaca tidak sampai 100 orang perhari, maka kita menjadi malas menghadirkan tulisan baru. Kalau kita malas, maka angka pengunjung tidak akan pernah bertambah. Yang ada, jumlahnya akan surut karena mereka tidak melihat ada perkembangan pada blog yang mereka kunjungi.

Padahal, kalau kita konsisten pada menulis, bukan tidak mungkin suatu waktu, blog kita yang sepertinya sepi, tiba-tiba kebanjiran pengunjung. Who knows?

Bukan tidak mungkin karena tidak ada sesuatu yang tidak mungkin di dunia ini. Hanya mereka yang berhasil menempa diri menjadi orang yang konsisten lah yang akan memetik hasilnya. Mereka yang malas dan berhenti di tengah jalan, tidak akan mendapatkan apa-apa.

Tulisan ini dibuat bukan untuk menginspirasi Anda. Kalaupun ternyata memang bisa memberikan sesuatu pada Anda, maka silakan diambil. Free of charge.

Tulisan ini dibuat lebih untuk diri sendiri. Dalam kondisi capek dan ngantuk sepulang kerja mencari nafkah, saya harus tetap memaksakan diri untuk menulis sesuatu. Saya ingin konsisten dengan tugas dan tujuan sebagai seorang blogger.

Kalau saya kalah pada capek, maka tidak akan pernah ada tulisan yang keluar hari ini. Saya akan terpaku pada kegiatan rutin saja. Tidak akan ada perubahan, tidak akan ada kemajuan. Yang pasti tidak akan pernah ada yang namanya keberhasilan atau kesuksesan. NO PAIN NO GAIN.

Sesuatu yang harus tetap saya pertahankan dan perjuangkan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments