Blog Adalah Tempat Menulis Ide, Informasi, Dan Pemikiran

Blog Adalah Tempat Menulis Ide, Informasi, Dan Pemikiran


Blog, sebuah kata yang sangat terkenal dewasa ini, sebenarnya bukanlah sebuah kata yang mengacu pada sebuah kegiatan, pekerjaan, araupun orang. Kata ini awalnya mengacu pada sebuah aplikasi web yang diciptakan oleh Pyra Lab di tahun 1990-an.

Aplikasi ini ditujukan sebagai sebuah platform dimana seseirang bisa berbagi berbagai macam hal melalui jaringan website ke seluruh dunia.

Informasi yang dibagikan melalui blog bisa berbagai macam, mulai dari yang berhubungan dengan pekerjaan, hobi, dan lainnya. Penggunaannya begitu mudah sehingga bahkan bisa dilakukan oleh individu melalui komputer di dalam ruangannya sendiri.

Blog bisa dikata merupakan sebuah terobosan bear pada zamannya, mengingat saat itu penyebaran informasi masih didominasi oleh mereka yang memiliki dana  berada dalam institusi tertentu, dan juga memiliki keahlian dalam bidang tehnik informatika dan komputer.

Dengan lahirnya blog, maka kegiatan berbagi informasi itu bisa dilakukan oleh individu. Mereka bisa langsung mengutarakan informasi, ide dan pemikirannya kepada khalayak luas, melalui jaringan internet, tanpa harus melewati institusi khusus.

Istilah Blog


Kata ini bukanlah kata asli yang dipergunakan pada saat lahirnya. Istilah resmi yang dipergunakan untuk aplokasi web ini ketika pertama kali hadir adalah weblog.

Dinamakan demikian karena isinya biasanya berupa tulisan-tulisan ringkas, atau catatan-catatan kecil mirip yang kit lakukan di atas notes ketika mencatat ide atau pemikiran yang terlintas. Bedanya, catatan-catatan kecil ini dibuat dengan sebuah aplikasi web.

Informasi yang ditulis dalam sebuah weblog beragam. Bentuknya awalnya sering berupa ide, pemikiran, dan informasi yang disertai dengan foto atau link.

Karena isinya mirip dengan sebuah log, atau buku catatan, nama yang diberikan mengacu pada dua hal yang merupakan intinya, yaitu web dan log. Web menunjukkan bahwa catatan tersebut terhubung dengan dunia maya dan log berarti buku catatan.

Barulah pada tahun 1997, istilah blog lahir. Secara tak sengaja.

Seorang bernama Peter Merholz, pemilik blog www.peterme.com berseloroh dengan memisahkan dua kata tersebut tidak seperti aslinya. Ia menuliskan weblog menjadi we blog dan bukan web log.

Istilah inilah yang kemudian mendunia melebihi versi asli namanya.

Perkembangan Blog


Kemudahan untuk membuat dan menanganinya, membuat blog menjadi cepat terkenal. Pembuatan sebuah blog tidak memerlukan terlalu banyak pengetahuan tehnis menganai coding dan programming.

Begitu juga dengan kebebasan yang dijanjikan oleh aplikasi ini. Bila sebelumnya penyebaran informasi masih seperti dimonopoli oleh institusi media atau perusahaan, dengan blog, semua orang bisa berbagi ide, informasi, dan pemikiran.

Oleh karena itu, masyarakat yang sebelumnya tidak terlibat menjadi begitu tertarik untuk memakainya.

Pesatnya pertumbuhan blog seperti mendapatkan tambahan tenaga untuk melaju pesat. Momentum itu terjadi ketia raksasa Mesin Pencari Internet, Google mengambil alih blogger.com dari Pyra Lab.

Layanan blog gratis ini semakin mempopulerkan blog sebagai platform untuk berbagi informasi kepada orang lain. Berbagai platform blog pun kemudian ikut hadir menyemarakkan seperti Wordpress.com, Tumblr yang akhirnya dibeli Yahoo dan lain sebagainya.

Hingga tahun 2016 ini tercatat lebih dari 500 juta blog di dunia.

Di Indonesia sendiri, paling tidak tercatat 3.5 juta blog atau kurang lebih 3.5% saja dari total pengguna internet di negara berpenduduk 250 juta jiwa ini. Angka yang cukup besar tetapi tidak fenomenal dan kecil dibandingkan jumlah penduduk dan pengguna internet. Mungkin karena masyarakat Indonesia lebih menyukai interaksi yang ditawarlan media sosial seperti Facebook atau Twitter.

Meskipun demikian, angka tersebut menunjukkan sebuah jumlah yang sangat besar dan betapa blog sudah menjadi salah satu platform andalan untuk berbagi informasi di dunia.

Informasi yang dibagikan pun semakin beragam, mulai curhatan ala ABG hingga blog yang memberi penjelasan rumit tentang teori Penciptaan Dunia pun bisa ditemukan.

Dalam perkembangannya, sebuah blog hampir sulit dibedakan dengan sebuah website profesional. Tampilan sebuah blog tidak lagi sederhana karena banyak web designer yang sudah merancang template yang membuat sebuah blog terlihat layaknya sebuah website yang dikelola profesional. Isinya pun bukan lagi sekedar catatan-catatan kecil karena semakin banyak blog yang menulis lebih panjang dan bukan cuma sebuah catatan kaki.

Hanya satu hal yang tetap ada dalam setiap blog. Sebuah tulisan atau sering disebut post akan berada di urutan pertama. Tulisan yang usianya lebih tua akan berada pada urutan paling buntut. Sebuah tulisan akan tergeser begitu ada tulisn baru yang dipublish atau diterbitkan.

Itu ciri khas sebuah blog sejak lahirnya. Meskipun secara tehnologi, sebuah template keluaran terbaru bisa membuatnya tidak terlihat, kebanyakan blogger tetap lebih suka membiarkan apa adanya.

Ciri Khas Sebuah Blog

Memang penampilan banyak blog di dunia sudah semakin mirip dengan yang disebut website. Walaupun begitu, selain tentang ciri khas fisiknya seperti sudah disebutkan di atas, blog memiliki dua ciri khas lainnya yang membuatnya berbeda.

Ciri khas yang pertama ini adalah dalam hal penulisannya.

Sebuah blog biasanya dikelola oleh seorang pribadi atau sebuah tim kecil dan bukan sebuah institusi besar atau perusahaan. Penulisannya pun tidak melalui proses panjang ala media masaa yang penerbitannya harus melalui meja redaksi.

Hal ini membuat berbagai artikel atau disebut posting diblog akan membawa ciri khas dan karakter dari sang penulis, pemilik/pengelola blog. Oleh karena itu mayoritas tulisan di dalam sebuah blog cenderung bersifat luwes dan subyektif. Penggunaan kata saya, kami, penulis dan sejenis yang menunjukkan penulisan oleh orang pertama akan sering ditemukan dalam artikel di sebuah blog.

Gaya penulisan ini disebabkan bahwa ide awalnya adalah berbagi informasi kepada orang lain. Jadi, apa yang ditulis merupakan perwakilan dari apa yang ada di kepala yang menulis dan penulisan dilakukan seakan sang penulis sedang berbicara langsung dengan yang membaca.

Gaya seperti ini kerap diremehkan oleh berbagai profesi penulis, seperti wartawan karena tidak mencerminkan "profesionalitas".  Kenyataannya, justru gaya seperti ini disukai dan dinikmati oleh khalayak umum.

Ciri khas berikutnya yang membuat blog berbeda adalah tentang topik yang ditulisnya. Masyarakat umum tidak akan menemukan cara membuat "mainan tank dari kertas" di media massa, baik cetak maupun online.

Masyarakat juga tidak akan menemukan penjelasan tentang bagaimana cara menggoreng telur mata sapi dengan baik dan benar di koran atau majalah online. Tetapi, mereka akan mendapatkannya pada blog.

Inti dari sebuah blog adalah berbagi informasi, ide, dan pengetahuan. Hal-hal kecil yang sering tidak dianggap pengetahuan oleh media-media besar seringkali merupakan informasi yang berharga bagi orang lain. Hal itu karena dalam media besar ada sistem dimana berita akan dipilih berdasarkan nilai jualnya di pasar pembaca, sementara blog tidak memakai sistem yang sama. Seorang blogger akan berbagi apa yang dia ketahui terlepas dari apakah ada pasar pembaca atau tidak.

Pada kenyataannya, pada akhirnya banyak media online pun pada akhirnya meniru baik gaya dan cara pemilihan topik di blog. Mereka melihat peluang pasar pembaca yang cukup luas.

Pemanfaatan Blog Dalam Kehidupan

Pemanfaatan blog dalam kehidupan manusia di zaman sekarang sangat beragam. Sifat luwes, terbuka untuk umum, kebebasan yang ditawarkannya memungkinkan platform ini dipergunakan untuk berbagai tujuan sesuai dengan kehendak dari pengelola.

Beberapa jenis pemanfaatan blog dalam kehidupan bisa dilihat di bawah ini

1) Buku Harian atau Jurnal Online

Mayoritas penggunaan blog dalam kehidupan biasanya berawal dari yang satu ini. Blog dianggap sebagai pengganti dari buku harian atau jurnal dari seseorang.

Keluhan , curahan hati, pengalaman senang, sedih, gembira akan dituliskan dalam bentuk tulisan di sebuah blog.

Yang membedakan dari buku harian di masa lalu, dimana penulisnya ingin merahasiakan curahan hatinya, penulis blog jenis ini justru berharap, atau setidaknya tidak merasa keberatan, orang lain membaca perasaan hatinya.

2) Ruang Pamer atau Promosi

Memiliki sebuah blog sepertinya sudah menjadi kewajiban baik bagi perorangan atau institusi ketika mereka ingin memamerkan atau mempromosikan sebuah produk.

Keluwesan blog memberi ruang lebih untuk memberikan informasi yang lebih terperinci dan jelas dibandingkan sebuah tulisan biasa. Sifat blog yang fleksibel memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih intens antara penjual dan pembeli tentang sebuah produk.

Bagi individu dengan profesi tertentu, seperti fotografer dan desainer, sebuah blog akan membantu memamerkan hasil karyanya. Dengan memiliki ruang pamer di dunia maya, sangat besar kemungkinan produknya dapat segera dikenal oleh kalangan luas dibandingkan hanya melakukan promosi secara konvensional.

3) Penggiringan Opini

Perpolitikan dunia tidak akan bisa lepas dari usaha untuk menggiring opini agar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh sebuah partai atau tokoh politik. Untuk melakukan itu akan sulit melakukannya melalui sebuah institusi media biasa, seperti koran atau majalah. Sistem penyortiran dan standar dari media-media tersebut yang cenderung netral dan berhati-hati membuatnya sulit untuk dikontrol untuk tujuan penggiringan opini.

Car alternatifnya adalah dengan membuat blog. Fungsi dasarnya sama dengan apa yang dilakukan institusi media, yaitu membagikan informasi. Bedanya, informasi yang disampaikan pada sebuah blog yang dikelola sebuah partai atau seorang tokoh politik disesuaikan dengan arah kemana opini masyarakat ingin diarahkan.

Cukup banyak blog Indonesia yang dipakai untuk melakukan itu.

4) Membangun branding

Banyak perusahaan atau individu yang sedang memasarkan sesuatu menyadari pentingnya membangun sebuah image tentang perusahaan atau dirinya.

Untuk itu, sama seperti partai politik menemukan fungsi untuk penggiringan opini, mereka juga melihat peluang besar untuk memakai blog untuk menanamkan image. Biaya yang harus dikeluarkannya pun jauh lebih murah dibandingkan biaya iklan yang harus dikeluarkan bila memakai media biasa.

Dengan memiliki blog, sebuah perusahaan bisa menanamkan berbagai image kepada perusahaannya. Biasanya disesuaikan dengan apa yang dikehendaki oleh orang-orang yang berada di ceruk pasar yang menjadi targetnya. Contohnya, banyak perusahaan Indonesia berusaha menanamkan kesan bahwa pabrik atau perusahaannya adalah sangat environmental friendly alias ramah lingkungan.

Inilah yang disebut dengan membangun branding.

5) Sarana Pengajaran dan Pembelajaran

Pasti Anda sudah pernah membaca berbagai blog tentang bagaimana membuat kalimat dalam bahasa Inggris, bahasa Jepang atau mata pelajaran lainnya. Itu adalah contoh dari salah satu pemanfaatan blog dalam sistem pengajaran dan pembelajaran.

Semua orang bisa jadi guru. Semua orang bisa jadi murid. Semua orang bisa menjadi keduanya sekaligus. Sseorang bisa berbagi tentang pelajaran bahasa Inggris, tetapi pada saat bersamaan ia bisa belajar bagaimana memperbaiki sepeda motor.

Take and Give. Semua bisa memberi. Semua bisa menerima.

Lima buah cara pemanfaatam blog dalam kehidupan ini hanyalah sebagian kecil dari yang bisa disebutkan dan dijabarkan. Walaupun demikian, seperti yang bisa dilihat di atas, intinya tidak bergeser sama sekali dari ide awal blog atau weblog, yaitu berbagi informasi, ide, dan pemikiran.

Jenis-jenis Blog

Kalau Anda bertanya tentang jenis-jenis blog yang ada di dunia, maka jawabannya hampir tak terbatas. Ada banyak sekali kemungkinan tergantung dari sudut mana sebuah blog harus dikategorikan.

Sebagai contoh, saya akan coba bagi jenis-jenis blog berdasarkan kategori berikut

Berdasarkan format blog

1) Blog 

Seperti Maniak Menulis ini adalah contoh dari sebuah blog yang mengandalkan konten berupa tulisan. Pemakaian foto dan video akan merupakan unsur penunjang sementara yang utama adalah konten berbentuk artikel.

Pengelola atau penulisnya disebut Blogger.

2) Vlog

Ini perkembangan blog dimana pengelolanya mengandalkan justru pada video-video atau gambar bergerak untuk menyampaikan ide dan pemikirannya. Youtube adalah salah satu bentuk Vlog yang terkenal.

Pengelolanya disebut Vlogger

3) Fotoblog

Biasanya pengelolanya adalah fotografer atau penggemar fotografi. Ia memanfaatkan medium blog untuk memamerkan hasil karyanya. Galeri online istilah kerennya. Bila Anda lihat Blog Eric Kim, seorang fotografer jalanan terkenal asal Amerika Serikat, maka itu adalah bentuk sebuah fotoblog

Berdasarkan Isi-nya

1) General Blog atau Blog Gado-Gado

Blog jenis ini akan berisikan berbagai hal. Tidak spesifik. Semua yang ada di kepala pemiliknya akan dituangkan ke dalam satu blog.

Isinya sangat beragam, mulai dari cerita sedihnya diputusin pacar, hingga bagaimana mengoperasikan komputer dan berjalan-jalan ke luar negeri.

2) Niche Blog

Maniak Menulis adalah salah satu contoh sebuah niche blog. Spesifik. Sempit.

Di blog ini hanya akan dibahas mengenai segala sesuatu yang terkait dengan menulis. Tidak ada hal lain. Jadi tidak akan ditemukan curhatan bahwa adminnya sedang mengalami sindrom tanggal tua atau gaji tidak mencukupi.

Hal seperti itu tidak akan dibahas disini.

Berdasarkan Platform/Medium

1) Blog Gratisan (Free Blog)

Maniak Menulis masih memakai platform gratisan yang disediakan oleh blogger.com/blogspot.

Ada beberapa contoh blog berplatform gratis seperti Wordpress.com, Tumblr dan lain sebagainya. Blog dengan memanfaatkan platform gratis ini biasanya menjadi sub domain atau bawahan/anak dari website utamanya. Perhatikan bahwa di belakang nama blog Maniak Menulis akan ada tertulis blogspot.com atau co.id yang merupakan induk atau domain utamanya.

Pada suatu waktu meskipun dimulai dengan memanfaatkan sesuatu yang tidak berbayar, sebuah blog bisa berubah dengan memanfaatkan yang disebut self hosting.

2) Blog Self Hosting

Nah, biasanya kalau sudah mendapatkan pengunjung tetap dan mendapatkan penghasilan, atau dengan alasan apapun, seorang blogger akan memindahkan blognya dari platform gratis ke platform self hosting.

Artinya, blog tersebut tidak lagi berada di bawah domain induk dari yang sebelumnya. Sebagai gambaran tulizmaniac.blogspot.com ketika dipindah ke self hosting, maka namanya akan menjadi tulizmaniac.com tanpa embel-embel blogspot lagi.

Untuk itu seorang blogger harus membayar sewa domain (Nama dan URL Blog) serta menyewa server yang akan dijadikan tempat bermukim yang baru. Admin Maniak Menulis pun memiliki 2 buah blog self hosting diluar yang ini.

3) Blog Mikro

 Twitter. Itulah contoh paling bagus tentang yang namanya Blog Mikro atau Micro Blog. Isinya singkat-singkat dan terkadang hanya berupa link.

Memang sebuah artikel di Blog Mikro dibatasi dengan jumlah karakter yang dapat dimasukkannya. Berbeda dengan di blogger atau self hosting dimana textnya bisa mencapai ribuan kata dan karakter. Perhatikan saja artikel ini, jumlah katanya sudah melebihi 2000 kata, sesuatu yang tidak akan bisa dilakukan di platform Blog Mikro seperti Twitter tersebut.

Nah, itulah contoh dari jenis-jenis blog yang ada di dunia. Masih banyak sekali jenis-jenis yang lain, apalagi karena tidak adanya sebuah institusi resmi yang diakui oleh semua blogger yang bisa membuat daftar dan kategori dan jenis blog. Semua orang bebas membuat kategori dan jenis berdasarkan kriterianya masing-masing.

Saya pun melakukannya seperti di atas.


------

Demikianlah kiranya, gambaran "ringkas" yang sangat tidak ringkas tentang apa blog itu.

Lalu apa kaitannya blog dengan menulis?

Jawabnya, cobalah Anda perhatikan artikel berjudul "Blog Adalah Tempat Menulis Ide, Informasi, Dan Pemikiran".

Bukankah itu sebuah artikel dan sebuah artikel dibuat dengan cara menulis?

Yap. Itulah jawabannya. Blog, blogging, blogger tidak bisa dilepaskan dari yang namanya tulisan, menulis, dan penulis. Oeh karena itu akan ada kategori blogging dalam Maniak Menulis. Blogging adalah salah satu bagian dari dunia menulis.

Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 comments

Saya setuju bahwa blog sebagai wadah tempat mencurahkan pemikiran, dan tempat berbagi informasi.

Pemain blog di Indonesia Masih sedkit yach pak,,,,,mungkin 10 tahun lagi menjadi 3 kali lipat,,dan pada saat itu blog2 kita sudah senior dengan ribuan artikel dan tentunnya gajian bulanan dari Adsense,mengalir terus,,,seperti uang Pensiun,,,heheh.

Ohy Pak kalau tidak salah blog itu adalah contoh dari sebuah Website.

Balas

Mungkin 3 kali lipat.. mungkin 1/3 kali lipat. Tidak ada yang tahu Kang.

Kalau memang tiga tahun dari sekarang, mungkin blog kita sudah jadi blog kakek-kakek dan siapa tahu bisa bawa rejeki ...

Balas